The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ternyata, Benua Amerika Ditemukan Pelaut Italia 150 Tahun Sebelum Christopher Colombus!
Penemuan benua Amerika oleh Christopher Colombus. (photo/Dok. Wikimedia Commons)
Fakta Dan Mitos

Ternyata, Benua Amerika Ditemukan Pelaut Italia 150 Tahun Sebelum Christopher Colombus!

Kamis, 14 Oktober 2021 10:08 WIB 14 Oktober 2021, 10:08 WIB

INDOZONE.ID - Seperti yang diketahui, benua Amerika pertama kali ditemukan oleh penjelajah Christoper Colombus. Hanya saja, terdapat satu penelitian baru yang menunjukkan bahwa para pelaut di Italia diketahui telah mengetahui Amerika terlebih dahulu. Mereka dikatakan mengetahui hal itu 150 tahun sebelum penemuan Colombus. 

Berdasarkan hasil penemuan pada 1345 oleh biarawan Milan, Galvano Fiamma terdapat seorang pakar sastra Latin di Abad Pertengahan, Profesor Paolo Chiesa telah hasilkan penelitian yang menakjubkan. Di mana, penelitian ini mengacu pada daerah yang saat ini dikenal sebagai Amerika Utara untuk saat ini. 

Menurut Chiesa, berdasarkan esai kuno yang ditemukan pada 2013 lalu, telah menjelaskan bahwa para pelaut dari Genoa telah mengetahui tanah Amerika yang dikenal sebagai Markland atau Marckalada.

“Kami berada di hadapan kemungkinan pertama penemuan benua Amerika meskipun dalam bentuk yang masih tidak pasti, di daerah Mediterania,” ungkap professor Chiesa dari Departemen Studi Sastra, Filologi dan Linguistik di Universitas Milan dalam laporan itu. 

Dia juga menjelaskan bahwa dokumen seorang biarawan Dominika yang menetap di Milan yang bernama Galvaneus. Dia menulis beberapa karya sastra dalam bahasa Latin, terutama mengenai mata pelajaran sejarah. 

“Rumor ini terlalu kabur untuk ditemukan kepastiannya dalam representasi kartografi atau ilmiah,” ujar Profesor Chiesa saat menjelaskan mengapa Marckalada tidak diklasifikasikan sebagai tanah baru pada masa itu.

Terlepas dari dokumen itu, Chiesa juga mengatakan Cronica Universalis membawa bukti mengenai spekulasi benua Amerika yang berasal dari Sumber Nordik di Italia. Sumber ini beredar satu setengah abad sebelum Columbus. 

“Saya tidak melihat alasan untuk tidak memercayainya, sudah lama diketahui bahwa peta portolan atau laut abad keempat belas yang digambar Genoa dan Catalonia menawarkan gambaran geografis yang lebih maju dari utara, yang dapat dicapai melalui kontak langsung ke wilayah tersebut,” jelas Chiesa.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US
JOIN US