The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mengingat Kembali Kecelakaan Mobil Listrik Dahlan Iskan 5 Januari 2013, Ini Kronologinya
Kiri: Dahlan Iskan dengan mobil Tucuxi (Jakarta Globe/Afriadi Hikmal) | Kanan: Kecelakaan Tucuxi (Istimewa)
Fakta Dan Mitos

Mengingat Kembali Kecelakaan Mobil Listrik Dahlan Iskan 5 Januari 2013, Ini Kronologinya

Rabu, 05 Januari 2022 16:48 WIB 05 Januari 2022, 16:48 WIB

INDOZONE.ID - Dahlan Iskan, yang pernah menjabat sebagai Menteri BUMN di era Presiden SBY memang begitu berambisi terhadap mobil listrik. Dia bercita-cita ingin menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara produsen mobil listrik.

Namun sayang, gaung impian mobil listrik nasional terus meredup seiring berakhirnya masa jabatannya sebagai menteri BUMN. Cita-cita itu semakin menjadi mustahil, ketika dia menjadi korban kecelakaan mobil listrik produksi dalam negeri.

Ya, Dahlan mengalami kecelakaan saat uji coba mengendarai mobil listrik pertama Indonesia, Tuxuci di Desa Ngerong Magetan, Jawa Timur pada 5 Januari 2013. Sontak peristiwa nahas itu menjadi sorotan publik.

Kronologi kecelakaan

Pada hari itu, Dahlan menghadiri upacara ruwatan di Solo, Jawa Tengah. Usai dari acara, dia melajukan kendaraan listrik Tucuxi rancangan Danet Suryatama, pelopor mobil listrik nasional, menuju daerah Magetan.

Ketika dalam perjalanan menuju Tawang Mangu, mobil yang dikendarainya itu mampu melewati tanjakan Tawang Mangu dan Cemoro Sewu yang dikenal tinggi.

Kemudian, mobil tersebut juga mampu melewati turunan paling tajam di Serangan. Namun sayang, ketika melewati turunan di lereng timur Gunung Lawu, rem mobil Tucuxi yang awalnya berfungsi normal mendadak bermasalah.

Rem mobil tersebut blong, Dahlan pun memutuskan untuk menabrakkan mobilnya ke tebing sebelag jalan. Keputusan itu diambilnya untuk menghindari kecelakaan lalu lintas yang merugikan pengendara lain.

Saat itu, rombongan yang mengikuti Dahlan dari belakang menyaksikan detik-detik kecelakaan tersebut. Beruntung, Dahlan yang saat itu didampingi Ricky Elson, ahli motor penggerak listrik, selamat dan sama sekali tidak mengalami luka-luka.

Setelah peristiwa kecelakaan itu, Dahlan mengaku tetap bangga dengan mobil listrik buatan dalam negeri itu. Dia pun berencana akan terus mengembangkannya.

Sosok di balik Tucuxi

Danet Suryatama menjadi sosok di balik Tucuxi, pelopor mobil listrik yang diproduksi di dalam negeri.

Rancangan mobil listrik yang kelak bernama Tucuxi itu dibuatnya berdasarkan mandat dari Dahlan kala menjabat sebagai Menteri BUMN. Saat itu, Danet Suryatama sudah mengantongi konsep untuk mobil tersebut sejak 2004.

Kemudian, dia menyanggupi mandat tersebut dan memboyong konsep yang telah dibuatnya itu ke Tanah Air.

Danet Suryatama yang merupakan pemilik pabrik mobil listrik ElektrikCar, LLC yang berada di Michigan, AS itu membuat Tucuxi dengan dukungan motor listrik berkekuatan 200kW (268HP) atau setara 3000cc untuk kendaraan berbahan bakar bensin.

Baterai yang dipakai adalah Lithium Iron Phosphate (LiFEPO4) atau Nano Lithium. Jika pengisian baterai dilakukan dengan fast charging, maka hanya membutuhkan waktu 3 hingga 5 jam dari baterai kosong.

Dalam kondisi baterai penuh, Tuxuci mampu menempuh jarak 321 kilometer, tergantung cara mengendarainya. Dengan daya baterai yang mencapai 61 kWh dan berjumlah lebih dari 100 baterai, Tucuxi mampu dipacu hingga kecepatan lebih dari 200 km/jam.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
Nanda
M Fadli

M Fadli

Editor
Nanda

Nanda

Writer
JOIN US
JOIN US