The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Peristiwa 1 Juli:  Hari Bhayangkara dan Kembalinya Hongkong ke Republik Rakyat Tiongkok
Tanggal 1 Juli 1997, suasana rakyat di jalanan pasca penyerahan Hongkong ke RRT oleh Inggris. (Wikipedia).
Fakta Dan Mitos

Peristiwa 1 Juli: Hari Bhayangkara dan Kembalinya Hongkong ke Republik Rakyat Tiongkok

Dan beberapa peristiwa lainnya.

Kamis, 01 Juli 2021 11:11 WIB 01 Juli 2021, 11:11 WIB

INDOZONE.ID - Berbagai peristiwa penting pernah terjadi di tanggal 1 Juli yang jatuh hari ini. Kali ini Indozone mencoba mengumpulkan tiga contoh peristiwa sejarah yang kebetulan pernah terjadi pada tanggal tersebut.

Salah satu contohnya adalah peristiwa kelahiran Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Britania Raya kembalikan Hongkong ke RRT.  Berikut beberapa peristiwa bersejarah yang dilansir dari Wikipedia, Kamis (1/7/2021).

1946 - Kepolisian Negara Republik Indonesia didirikan, Diperingati Hari Bhayangkara.

Lambang Polri.
Lambang Polri. (Wikipedia).

Pada zaman Kerajaan Majapahit patih Gajah Mada membentuk pasukan pengamanan yang disebut dengan Bhayangkara yang bertugas melindungi raja dan kerajaan. Hal inilah yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Pada awalnya kepolisian berada dalam lingkungan Kementerian Dalam Negeri dengan nama Djawatan Kepolisian Negara yang hanya bertanggung jawab masalah administrasi, sedangkan masalah operasional bertanggung jawab kepada Jaksa Agung.

Kemudian mulai tanggal 1 Juli 1946 dengan Penetapan Pemerintah tahun 1946 No. 11/S.D. Djawatan Kepolisian Negara yang bertanggung jawab langsung kepada Perdana Menteri. Tanggal 1 Juli inilah yang setiap tahun diperingati sebagai Hari Bhayangkara hingga saat ini.

Baca Juga: Viral Aksi Bocah Jualan Nanas Sambil Gombali Pembeli, Bikin Netizen Gemas

1997 - Britania Raya menyerahkan Hongkong pada Republik Rakyat Tiongkok.

Ilustrasi kota Hongkong.
Ilustrasi kota Hongkong. (Wikipedia).

Wilayah Hong Kong diperkirakan sudah mulai ditinggali manusia sejak zaman Neolitikum namun baru dikenal secara luas saat Hong Kong diserahkan kepada Britania Raya setelah Perang Opium pada abad ke-19. Sebelumnya pada 1513, pelaut Portugis Jorge Álvares, menjadi orang Eropa pertama yang mengunjungi Hong Kong.

Dalam Konvensi Peking tahun 1860 setelah Perang Opium Kedua, Semenanjung Kowloon dan Stonecutters Island diserahkan kepada Britania Raya sedangkan New Territories, termasuk Pulau Lantau, disewakan pada Britania untuk 99 tahun sejak 1 Juli 1898 dan berakhir 30 Juni 1997. Bertepatan tanggal 1 Juli 1997, Hongkong diserahkan Inggris ke RRT.

2012 - Spanyol menjadi juara Kejuaraan Eropa UEFA 2012 di Ukraina, mengalahkan Italia dengan skor 4-0.

Spanyol menjadi juara Kejuaraan Eropa UEFA 2012 di Ukraina, mengalahkan Italia dengan skor 4-0.
Spanyol menjadi juara Kejuaraan Eropa UEFA 2012 di Ukraina, mengalahkan Italia dengan skor 4-0. (Wikipedia).

Kejuaraan Eropa UEFA 2012, atau lebih dikenal dengan Euro 2012, menjadi kejuaraan sepak bola antar tim nasional negara Eropa ke-14 yang diselenggarakan oleh UEFA. Putaran final diselenggarakan oleh Polandia dan Ukraina pada tanggal 8 Juni hingga 1 Juli 2012. Ini adalah pertama kalinya bagi kedua negara (Polandia dan Ukraina) menyelenggarakan suatu turnamen besar. Pemilihan tuan rumah dilaksanakan oleh Komite Eksekutif UEFA pada tahun 2007.

Putaran final ini diikuti 16 (enam belas) negara, hal ini menjadi yang terakhir karena sejak Euro 2016 dan seterusnya, akan diikuti oleh 24 (dua puluh empat) negara finalis. Babak Kualifikasi diikuti oleh 51 negara, telah diselenggarakan antara Agustus 2010 dan November 2011 yang memilih 14 (empat belas) negara untuk bergabung dengan kedua negara tuan rumah putaran final.

Spanyol memenangi kejuaraan ini setelah pada pertandingan final mengalahkan Italia dengan skor 4–0.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
M Fadli
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
M Fadli

M Fadli

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US