The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Banjir Rob di Pesisir Jateng Disebut karena Fenomena Perigee, Apa Bedanya dengan Apogee?
Sejumlah warga berjalan menghindari gelombang air laut di pesisir pantai Utara, Pekalongan, Jawa Tengah, Senin (23/5/2022). (ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra)
Fakta Dan Mitos

Banjir Rob di Pesisir Jateng Disebut karena Fenomena Perigee, Apa Bedanya dengan Apogee?

Jarak Terdekat Bulan dengan Bumi

Selasa, 24 Mei 2022 20:31 WIB 24 Mei 2022, 20:31 WIB

INDOZONE.ID - Peristiwa banjir rob atau air pasang laut yang melimpas ke daratan dengan ketinggian 2 meter lebih melanda kawasan pesisir Kota Semarang, Jawa Tengah, khususnya daerah di sekitar Pelabuhan Tanjung Emas.

"Ketinggian banjir rob yang bersamaan dengan gelombang tinggi hari ini tercatat 210 senti meter," kata Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Retno Widyaningsih di Semarang, Senin (23/5/2022), dikutip dari Antara.

Retno menyebut banjir rob dan gelombang tinggi yang terjadi akibat siklus akhir bulan setelah purnama dan bumi dengan bulan dalam posisi terdekat ini juga melanda kawasan pesisir di Kabupaten Rembang, Pati, Demak, Pekalongan hingga Tegal.

"Adanya banjir rob dan gelombang tinggi yang mulai sekitar pukul 13.00 WIB ini menyebabkan limpasannya ke daratan terasa cukup deras," ujarnya.

Banjir rob di Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas ini diperparah oleh jebolnya tanggul pelabuhan sehingga area yang terdampak cukup luas.

Fenomena Perigee

Foto udara kondisi banjir limpasan air laut ke daratan atau rob yang merendam kawasan Terminal Petikemas Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Senin (23/5/2022). (ANTARA/Aji Styawan)
Foto udara kondisi banjir limpasan air laut ke daratan atau rob yang merendam kawasan Terminal Petikemas Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Senin (23/5/2022). (ANTARA/Aji Styawan)

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo mengatakan sejak tanggal 13 Mei 2022 BMKG telah merilis informasi potensi banjir pesisir di beberapa wilayah Indonesia bersamaan adanya fase bulan purnama dan kondisi Perigee (jarak terdekat bulan ke bumi).

Eko menyebutkan, kondisi banjir pesisir terjadi di Pantai Tegal, Wonokerto-Pekalongan, Pantai Sari-Pekalongan, Pantai Batang, Pantai Tawang Kendal.

Kondisi serupa juga terjadi di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jalan Raya Genuk Semarang-Demak, Pantai Karang Tengah Demak, Pantai Rembang, dan pesisir Jawa Timur.

Selain faktor curah hujan di beberapa wilayah, kata dia, gelombang tinggi di Laut Jawa yang mencapai 1,25 - 2,5 meter juga memberikan dampak terhadap peningkatan banjir rob di wilayah tersebut.

"Ketinggian banjir pesisir berbeda di tiap wilayah. Namun demikian, kondisi ini secara umum dapat mengganggu aktivitas keseharian masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat," katanya.

Beda dengan Apogee

Menurut situs resmi LAPAN, ada dua fenomena yang akan terjadi dalam setiap bulannya, yakni perigee atau ketika posisi bulan dekat dengan bumi, dan apogee ketika bulan berada pada titik terjauh dari bumi.

Dikutip dari situs gurugeografi.id, orbit bulan mengitari bumi tidaklah bulat sempurna, melainkan elips (hampir bulat). Ini menyebabkan jarak bulan dari bumi berubah sedikit selama bulan revolusi. 

Pada suatu masa, bulan berada pada jarak paling dekat dengan bumi, dan itu disebut perigee. Dan pada suatu masa yang lain, bulan akan berada pada jarak yang paling jauh dengan bumi, yang disebut apogee.

Jarak paling dekat bulan dengan bumi adalah 384.400 km, sedangkan jarak paling jauh adalah 406.700 km.

Berbeda dengan perigee yang dampaknya cukup mengerikan, fenomena apogee sendiri tidak memberikan dampak apapun terhadap planet Bumi. 

Akan tetapi pada di wilayah tertentu terutama yang memiliki kawasan perairan, fenomena apogee dapat menyebabkan surut di sejumlah perairan yang menyebabkan permukaan air berada pada titik rendah.

Posisi bulan yang jauh dari planet Bumi menyebabkan gaya gravitasinya menjadi melemah. Sebab saat terjadi apogee, posisi bulan berada sangat jauh dari Bumi.

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Abul Muamar
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
JOIN US
JOIN US