The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kisah 'Empress Gi,' Wanita Korea yang Jadi Permaisuri Tiongkok
Ilustrasi Permaisuri Ki. (behance.net/Kim So-Eun)
Fakta Dan Mitos

Kisah 'Empress Gi,' Wanita Korea yang Jadi Permaisuri Tiongkok

Sabtu, 24 Oktober 2020 15:00 WIB 24 Oktober 2020, 15:00 WIB

INDOZONE.ID - Permaisuri Ki atau yang dikenal dengan Empress Gi adalah salah satu permaisuri utama dari Toghon Timur, Dinasti Yuan. 

Jauh sebelum jabatannya sebagai Permaisuri, Gi adalah satu dari ratusan pria dan wanita muda yang dikirim dari Korea sebagai persembahan manusia di ibu kota Yuan pada tahun 1331.

Lady Gi yang berasal dari keluarga kelas sosial tinggi yang terdidik, dengan tangguh bertekad untuk bertahan hidup. 

Dia menjadi pelayan istana yang bertanggung jawab atas teh Kaisar sehingga memberikannya akses langsung pada Kaisar. 

Laman historyofroyalwomen menyebutkan, kecantikan dan bakatnya membuat Kaisar tertarik pada dirinya sehingga ia secara resmi diangkat menjadi selir pada tahun 1333. 

Permaisuri Tanashiri merasa marah akan hal ini dan khawatir dengan pengaruh Gi, namun intrik politik justru menyingkirkan Tanashiri.

Hingga akhirnya Lady Gi berhasil menjadi Permaisuri Toghon Timur, mendirikan badan pemerintah khusus di mana dia memegang kewenangan luas terkait pengumpulan pajak.

Kaisar Toghon Timur semakin kehilangan minat memerintah seiring berjalannya waktu, sehingga Permaisuri Gi menjalankan perannya menjalankan pemerintahan dengan sangat serius. 

Ha Ji-won dalam serial drama "Empress Ki (2013)".
Ha Ji-won dalam serial drama "Empress Ki (2013)". (MBC)

Namun saat kerajaan Mongol runtuh pada tahun 1368, Toghon Timur melarikan diri bersama Gi dan anggota keluarga lainnya ke Yingcheng, di Mongolia Dalam yang sekarang.

Setelah Kaisar meninggal, Gi menjadi janda dan menghilang tanpa jejak. 

Meski ia adalah orang Korea yang berhasil menjadi Permaisuri di Yuan namun ditempat asalnya ia disebut sebagai pengkhianat. 

Kisah hidupnya juga telah diadaptasi ke dalam sebuah serial drama Korea berjudul 'Empress Gi' yang dikritik karena dianggap terlalu simpatik.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Reka
Reka

Reka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US