The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bukan dari Mulut dan Hidung, Kura-Kura Disebut Bisa Bernapas dari Pantat, Benarkah?
Kura-kura. (Pexels/Lachlan Ross)
Fakta Dan Mitos

Bukan dari Mulut dan Hidung, Kura-Kura Disebut Bisa Bernapas dari Pantat, Benarkah?

Senin, 01 Agustus 2022 17:49 WIB 01 Agustus 2022, 17:49 WIB

INDOZONE.ID - Kebanyakan mamalia bernapas melalui mulut dan hidung. Khusus katak sendiri bernapas melalui kulit mereka. Namun bagaimana dengan makhluk bercangkang kura-kura mendapatkan oksigen?

Dikutip dari Live Science, sebelumnya sempat muncul desas-desus bahwa kura-kura bisa bernapas melalui pantatnya. Benarkah?

Kura-kura memiliki lubang serbaguna yang dikenal sebagai kloaka. Ini biasanya digunakan untuk reproduksi seksual dan bertelur serta untuk membuang kotoran.

Namun, mereka terlibat dalam proses yang disebut respirasi kloaka, yang dalam pengertian yang kurang teknis dapat diartikan sebagai "pernapasan pantat".

Selama respirasi kloaka, kura-kura memompa air melalui lubang kloaka mereka dan ke dalam dua organ mirip kantung yang dikenal sebagai bursae, yang bertindak seperti paru-paru akuatik .

Hal tersebut diungkapkan oleh shli fisiologi satwa liar di The University of Queensland di Australiam Craig Franklin yang telah mempelajari respirasi kloaka secara ekstensif.

Oksigen di dalam air kemudian berdifusi melintasi papila, struktur kecil yang melapisi dinding bursa, dan masuk ke aliran darah kura-kura.

Namun, respirasi kloaka sangat tidak efisien dibandingkan dengan respirasi aerobik normal, dan semua kura-kura juga memiliki kapasitas untuk menghirup udara dengan paru-paru mereka dengan lebih mudah.

Akibatnya, respirasi kloaka hanya terlihat pada sejumlah kecil spesies air tawar yang mengandalkan metode tidak lazim ini untuk mengatasi tantangan yang mereka hadapi di lingkungan unik di mana sulit untuk menghirup udara, seperti sungai berarus deras atau kolam beku.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Dina
Dina

Dina

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US