The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pihak ESA Ingin Rekrut Disabilitas Sebagai Astronot di Projek Parastronaut!
Ilustrasi Astronot. (photo/Ilustrasi/Pexels/Pixabay)
Fakta Dan Mitos

Pihak ESA Ingin Rekrut Disabilitas Sebagai Astronot di Projek Parastronaut!

Jumat, 19 Februari 2021 15:25 WIB 19 Februari 2021, 15:25 WIB

INDOZONE.ID - Pihak Badan Antariksa Eropa (ESA) dilaporkan ingin merekrut disabilitas untuk proyek parastronaut ketika agensi itu mulai buka kelas astronaut terbaru pada 2021 ini. Melihat ini, ESA memberikan komentarnya.

"Pertama kali untuk ESA dan penerbangan luar angkasa manusia di seluruh dunia, kami mencari individu yang secara psikologis, kognitif, teknis, dan profesional memenuhi syarat untuk menjadi astronot, tetapi memiliki disabilitas fisik yang biasanya menghalangi mereka untuk dipilih karena persyaratan dipaksakan oleh penggunaan perangkat keras luar angkasa saat ini," ungkap ESA dalam situs resminya. 

ESA juga berjanji untuk berinvestasi dalam adaptasi perangkat keras sebagai bagian dari proyek kelayakan parastronaut yang digagasnya. Badan antariksa itu pun berharap upaya ini akan mendorong orang-orang dengan keterbatasan fungsional untuk melamar pekerjaan ke ESA dan pekerjaan luar angkasa lainnya.

Proyek ini masih memiliki ruang lingkup yang sempit untuk saat ini. Dimana, para pelamar harus memenuhi semua kualifikasi standar untuk astronot ESA, tetapi proyek ini membuka perekrutan untuk orang-orang dengan masalah tungkai bawah atau tungkai tertentu serta orang-orang bertubuh pendek dengan tinggi dibawah 1,3 m.

"Sejalan dengan pemilihan astronot penyandang disabilitas, kami meluncurkan studi untuk bekerja secara internal, dengan mitra internasional kami dan dengan penyedia kendaraan kru untuk mengidentifikasi potensi adaptasi yang pada akhirnya memungkinkan astronot penyandang disabilitas terbang ke luar angkasa," lanjutnya melansir CNET.

Panggilan untuk kelas astronot baru jarang dilakukan ESA. Dimana, badan antariksa itu terakhir kali mencoba membuka rekrutmen pada 2018 lalu. Melalui proses seleksi 2021-22, ESA pun berniat menambah empat hingga enam astronot baru ke jajarannya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika
Fernando Sutanto
JOIN US
JOIN US