The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Ciuman Penting dalam Sejarah: Ciuman Pertama di Film hingga V-J Day Kiss
Seorang pelaut Amerika mencengkeram seorang wanita berseragam putih dalam ciuman penuh gairah di Times Square untuk merayakan kemenangan yang telah lama ditunggu-tunggu atas Jepang. (Photo/History)
Fakta Dan Mitos

5 Ciuman Penting dalam Sejarah: Ciuman Pertama di Film hingga V-J Day Kiss

Sabtu, 12 Februari 2022 20:52 WIB 12 Februari 2022, 20:52 WIB

INDOZONE.ID - Terlepas dari apa yang sering dikatakan, ciuman tidak selalu menerangkan tentang ciuman. Ciuman bisa bersifat politis maupun yang menjadi ikon dalam sebuah film. Dengan mencoba mengingat ciuman, berikut ini daftar beberapa ciuman paling berkesan dalam sejarah yang dikutip dari History, Sabtu (12/2/2022).

1. Ciuman Pertama yang Tercatat (sekitar 1500 SM)

Adegan  Mahabharata  dengan Gopi, Putri Para Penggembala Sapi, dan Krishna.
Adegan Mahabharata dengan Gopi, Putri Para Penggembala Sapi, dan Krishna. (Photo/History)

Berdasarkan kitab suci Sansekerta Veda sekitar tahun 1500 SM, menurut penelitian oleh Vaughn Bryant, seorang profesor antropologi di Texas A&M University. Kitab suci ini, yang dikenal sebagai Weda, adalah dasar dari agama Hindu.

Ciuman terus muncul dalam literatur India dan Hindu kuno. Mahabharata, sebuah epos Sansekerta yang disusun pada abad ke-4 M, memiliki baris di mana "Seseorang menempatkan mulutnya ke mulut saya dan membuat suara yang menghasilkan kesenangan dalam diri saya."

2. Ciuman Pertama di Film (1896)

May Irwin dan John C. Rice, bintang film pendek,
May Irwin dan John C. Rice, bintang film pendek, "May Irwin kiss," oleh studio Thomas Edison. (Photo/History)

Orang pertama yang berciuman di film adalah May Irwin dan John C. Rice, yang muncul dalam film pendek yang dikenal dengan berbagai macam "May Irwin Kiss", "Kiss" atau "The Kiss".

Pada tahun 1896, dua pemain pergi ke studio Thomas Edison di New Jersey dan memperagakan adegan ciuman terakhir mereka dari sebuah drama yang mereka mainkan di New York City.

Baca juga: Valentine Tertua dalam Sejarah Ternyata Ditulis di Penjara, Puisi Abad Pertengahan Prancis

3. Ciuman Hitam Pertama di Film (1898)

Pada tahun 1898, pemain kulit hitam Saint Suttle dan Gertie Brown membintangi sebuah film pendek berjudul "Something Good-Negro Kiss", film pertama yang menunjukkan orang kulit hitam Amerika berciuman.

Pada tahun 2017, sejarawan film menemukan kembali rekaman tersebut, yang difilmkan oleh seorang pria kulit putih bernama William Selig di Chicago.

4. VJ Day Kiss (1945)

Seorang pelaut Amerika mencengkeram seorang wanita berseragam putih dalam ciuman penuh gairah di Times Square untuk merayakan kemenangan yang telah lama ditunggu-tunggu atas Jepang.
Seorang pelaut Amerika mencengkeram seorang wanita berseragam putih dalam ciuman penuh gairah di Times Square untuk merayakan kemenangan yang telah lama ditunggu-tunggu atas Jepang. (Photo/History)

Foto Eisenstaedt menjadi salah satu gambar Perang Dunia II paling ikonik dalam sejarah AS, sebagian karena pemirsa mengira itu adalah foto perwira Angkatan Laut dan perawat yang merayakan bersama. Suasana di sana adalah perayaan ticker mengkonfirmasi bahwa itu memang Hari VJ dan Perang Dunia II telah berakhir.

Foto tersebut juga menimbulkan kontroversi, karena banyak orang telah mengklaim selama bertahun-tahun sebagai pasangan dalam gambar tersebut, sementara yang lain menunjukkan bahwa itu menggambarkan momen yang tidak berdasarkan kesepakatan.

5. Ciuman Persaudaraan Sosialis (1979)

Pemimpin Soviet Leonid Brezhnev dan Presiden Jerman Timur Erich Honecker berciuman pada peringatan 30 tahun GDR.
Pemimpin Soviet Leonid Brezhnev dan Presiden Jerman Timur Erich Honecker berciuman pada peringatan 30 tahun GDR. (Photo/History)

Selama Perang Dingin, para pemimpin negara komunis sering saling menyapa dengan apa yang disebut "ciuman persaudaraan sosialis." 

Ini bisa dilakukan di pipi atau mulut, tetapi contoh yang paling terkenal adalah foto tahun 1979 dari fotografer Prancis Régis Bossu tentang Leonid Brezhnev dari Uni Soviet dan Erich Honecker dari Jerman Timur berciuman di mulut.

Ciuman itu terjadi ketika Brezhnev mengunjungi Berlin Timur untuk merayakan ulang tahun ke-30 Republik Demokratik Jerman (yaitu, Jerman Timur).

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
M. Rio Fani
M Fadli

M Fadli

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US