The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Penelitian: Pelupa Membuat Otak Kita Menjadi Lebih Cerdas!
Orang pelupa. (photo/Ilustrasi/Pexels/Andrea Piacquadio)
Fakta Dan Mitos

Penelitian: Pelupa Membuat Otak Kita Menjadi Lebih Cerdas!

Senin, 18 Oktober 2021 10:26 WIB 18 Oktober 2021, 10:26 WIB

INDOZONE.ID - Setiap orang pasti pernah lupa dengan suatu hal. Baik itu hal yang bersifat ringan maupun krusial. Tetapi, terdapat sebagian orang yang diklaim lebih pelupa dari orang lain pada umumnya. Mereka memiliki berbagai macam alasan dibalik hal ini, salah satunya adalah karena otak yang lebih cerdas. 

Hal ini dibuktikan dalam jurnal ilmiah Neuron yang telah menemukan bahwa melupakan beberapa hal tidak hanyalah normal, tetapi juga bisa membuat kita menjadi lebih pintar. Penelitian ini dilakukan oleh Paul Frankland dan Blake Richards yang berasal dari University of Toronto. 

Dalam penelitian yang dilakukan, mereka menemukan bahwa tujuan dari otak menyerap sebuah informasi bukanlah untuk mengirimkannya secara akurat, tetapi digunakan untuk mengoptimalkan pengambilan keputusan cerdas yang berpegang pada memori penting saja dan melepaskan memori yang tidak penting. 

"Penting bagi otak untuk melupakan detail yang tidak relevan dan lebih fokus pada hal-hal yang bisa membantu membuat keputusan di dunia nyata," ungkap Richard, mengutip CNN. 

Peneliti juga menemukan bahwa sel-sel otak baru terbentuk dari hippocampus, yang menjadi area otak yang mempelajari hal-hal baru. Informasi baru nanti akan menimpa ingatan lama dan membuatnya kita lebih sulit untuk mengingat. 

Uniknya, memori lama yang terus ditimpa dengan memori baru ini mempunyai manfaat yang nyata, salah satunya adalah membuat kita lebih mudah beradaptasi, lepaskan informasi yang telah ketinggalan zaman dan membuat kita lebih cerdas.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US