The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Wow, Tak Disangka 9 Suku di Indonesia Ini Sudah Berumur Hampir 1 Juta Tahun!
Ilustrasi Suku tertua di Indoesia. (Wikimedia)
Fakta Dan Mitos

Wow, Tak Disangka 9 Suku di Indonesia Ini Sudah Berumur Hampir 1 Juta Tahun!

Jadi Suku Tertua

Rabu, 19 Januari 2022 09:31 WIB 19 Januari 2022, 09:31 WIB

INDOZONE.ID - Selain dikenal sebagai negara kepulauan, Indonesia juga dikenal sebagai negara seribu suku lantaran memiliki suku-suku yang beragam dan mendiami dari gugus kepulauan tersebut.

Meski tercatat hanya memiliki 300 suku yang mendiami wilayah Indonesia, namun jumlah tersebut menjadi jumlah terbanyak di dunia dalam suatu negara. Beberapa di antara suku-suku tersebut sudah lama mendiami wilayah pulau-pulau tersebut, bahkan sudah sejak satu juta tahun lamanya.

Berikut ini 9 suku tertua di Indonesia yang mendiami wilayah kepulauan Nusantara.

Baca Juga: Suku-suku Serukan Hutan Amazon Dilindungi dalam Kongres Internasional

1. Suku Wajak

Suku-suku tertua di Indonesia
Suku Wajak. (Wikipedia)

Suku Wajak merupakan suku yang diperkirakan paling awal datang ke Indonesia. Suku Wajak adalah kelompok bangsa yang tinggal di pulau Jawa, terutama Jawa Timur.

Suku Wajak datang dengan menghuni desa Wajak yang berlokasi di Tulungagung, Jawa Timur, sekitar 500 ribu hingga 1 juta tahun yang lalu.

Suku Wajak disebut sebagai suku tertua di Indonesia karena berdasarkan penemuan kerangka fosil manusia purba, yaitu homo sapiens wajakensis. Kini, banyak penelitian mengatakan bahwa suku ini pindah ke Jepang, khususnya pulau Ainu dan Jumono.

2. Suku Gayo

Suku-suku tertua di Indonesia
Suku Gayo. (Wikipedia)

Suku Gayo adalah suku yang mendiami dataran tinggi Gayo yang berada di wilayah tengah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Suku yang tergolong dalam ras Proto Melayu ini diperkirakan berasal dari India dan mulai datang ke Tanoh Gayo sekitar 2000 tahun sebelum Masehi.

Saat ini, suku Gayo menjadi penduduk mayoritas di tiga kabupaten, yaitu Aceh Tengah, Bener Meriah, dan Gayo Lues.

3. Suku Mentawai

Suku-suku tertua di Indonesia
Suku Mentawai. (wikipedia)

Suku Mentawai adalah suku yang mendiami pulau Mentawai di barat pulau Sumatera. Nenek moyang suku Mentawai diketahui dan diyakini para peneliti sudah mendiami kepulauan di barat Sumatera sejak 500 SM.

Suku Mentawai tersebar di pulau Siberut dan Nias. Meski begitu, Kabupaten Mentawai masuk ke dalam Provinsi Sumatera Barat.

Uniknya, suku ini tidak pernah dijajah bangsa lain. Hal itu ditunjukkan dari bukti yang menunjukkan tidak adanya tanda-tanda peradaban lain selain suku Mentawai di pulau tersebut.

4. Suku Kerinci

Suku-suku tertua di Indonesia
Suku Kerinci. (Wikipedia)

Selain suku Wajak, suku Kerinci juga menjadi suku tertua di Indonesia. Suku yang mendiami pulau Sumatera khususnya Jambi ini memiliki hubungan lain dari kelompok bangsa lain.

Suku Kerinci disebut-sebut lebih tua dari pada suku Inca yang merupakan suku pertama dari Peru, Amerika. Hal ini diungkapkan oleh peneliti yang tergabung dalam Lembaga Purbakala dan Peninggalan Nasional, dimana disebutkan baha suku Kerinci berasal dari Proto Melayu yang bermigrasi pada 400 tahun sebelum Masehi.

5. Suku Jawa

Suku-suku tertua di Indonesia
Suku Jawa. (Wikipedia)

Suku Jawa hingga kini masih mendominasi kawasan Indonesia dengan tersebar di seluruh wilayah. Data menunjukkan 40,45% penduduk Indonesia didominasi dari suku Jawa.

Rupanya, sesuai dengan jumlah penduduknya bahwa suku yang satu ini juga merupakan suku tertua yang ada di Indonesia dan masih mendiami kawasan aslinya yaitu Jawa. Penemuan fosil Pithecanthropus erectus pada 1891 di Trinil, menjadi bukti bahwa suku Jawa dahulu dan masa kini mempunyai banyak kemiripan.

Kelompok ini rupanya diungkapkan sejarawan memiliki kaitan dengan suku yang ada di Yunani dan merupakan rumpun dari Austronesia yang datang sekitar 2000 tahun sebelum Masehi.

6. Suku Dani

Suku Dani adalah suku asli yang bermukim di Papua, tepatnya di lembah Baliem, Pegunungan Tengah, Jayawijaya, dan beberapa daerah Puncak Jaya.

Menurut sejarah, suku Dani memang telah ada di Papua sejak ratusan tahun yang lalu. Sedangkan, suku Dani sendiri meyakini bahwa mereka berasal dari sepasang suami istri yang tinggal di danau di sebuah desa bernama Maina di lembah Baliem.

Hingga kini, suku Dani masih menganut ajaran nenek moyang mereka yang membuat suku ini masih tertinggal dari kata modern.

7. Suku Melayu

Suku-suku tertua di Indonesia
Suku Melayu. (Wikipedia)

Suku yang banyak mendiami kawasan Pulau Sumatera ini juga menjadi salah satu suku tertua di Indonesia. Pasalnya suku yang diperkirakan datang dari kawasan Asia Tenggara khususnya bagian pesisir ini diperkirakan pertama kali menginjakkan kaki di Indonesia sekitar 1500 tahun sebelum Masehi.

Selain di Indonesia, suku Melayu juga tersebar hampir di seluruh penjuru dunia, seperti Semenanjung Malaya, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Brunei Darussalam, Filipina, Singapura, Thailand, dan Burma Selatan.

8. Suku Dayak

Suku-suku tertua di Indonesia
Suku Dayak. (Wikipedia)

Suku Dayak adalah suku asli yang mendiami Pulau Kalimantan yang diperkiarakan merupakan suku terbesar pada saat itu. Suku yang memiliki banyak bahasa dan karakteristik budaya ini rupanya mengalami beberapa gelombang kegiatan migrasi.

Gelombang pertama terdiri dari ras Australoid, yang kemudian disusul oleh ras Mongoloid. Berdasarkan penelitian, kelompok etnis ini sampai ke Indonesia melalui tiga jalur, yaitu sungai Kapuas, Kabupaten Kutai, dan Kabupaten Paser.

9. Suku Tomuna

Suku Tomuna adalah suku yang menghuni pulau Muna, Sulawesi Tenggara. Suku ini merupakan suku yang pertama menginjakkan kakinya di kawasan Nusantara.

Diperkirakan nenek moyang mereka berasal dari benua Afrika yang kemudian bermigrasi sekitar 50.000 tahun silam. Mereka kemudian berbaur dengan suku bangsa lain, seperti bangsa Melanosoid pada 4000 tahun yang lalu.

TAG
M Fadli
Abdul Fattah
M Fadli

M Fadli

Editor
JOIN US
JOIN US