The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tak Disangka, Ternyata Belalang Gurun Jadi Hama Paling Berbahaya di Muka Bumi Ini
Ilustrasi anak-anak diserang belalang gurun. (Nationalgeographic)
Fakta Dan Mitos

Tak Disangka, Ternyata Belalang Gurun Jadi Hama Paling Berbahaya di Muka Bumi Ini

Jumat, 01 Juli 2022 12:31 WIB 01 Juli 2022, 12:31 WIB

INDOZONE.ID - Dari banyaknya serangga di dunia, nama belalang gurun menjadi serangga hama yang paling berbahaya di muka Bumi ini. Hal ini lantaran belalang hama mampu merusak Bumi dengan membuat tanaman mati. Hal ini sudah diketahui sejak zaman Mesir kuno yang lalu.

Para ilmuwan dari US Departement of Agriculture - Agricultural Research Service melaporkan telah berhasil mengurutkan genom berkualitas tinggi pertama untuk belalang gurun (Schistocerca gregaria).

Baca Juga: Fenomena Serangan Belalang yang Sebabkan Malapetaka Bagi Negara Miskin

Dilansir LiveScience, belalang gurun secara berkala mengubah bentuk tubuh, perilaku, dan tingkat reproduksinya sebagai respons terhadap kondisi lingkungan seperti sebagai kelimpahan curah hujan dan kelembaban.

Serangga ini biasanya menyendiri, tetapi dalam keadaan tertentu mereka menjadi lebih banyak dan mengubah perilaku dan kebiasaan mereka menjadi suka berteman.

Belalang gurun amat sangat berpotensi menjadi hama belalang yang paling berbahaya karena kemampuan kawanannya untuk terbang dengan cepat melintasi jarak yang sangat jauh. Kawanan belalang ini bahkan memiliki dua hingga lima generasi per tahun.

Wabah yang ditimbulkan belalang gurun bersifat siklus dan telah dicatat pernah terjadi sejak zaman Firaun di Mesir kuno, sejauh 3200 Sebelum Masehi (SM). Dalam beberapa dekade terakhir, telah terjadi gerombolan belalang gurun pada tahun 1967-1969, 1986-1989 dan terakhir 2020-2022.

Kawanan belalang gurun menyebabkan kehancuran di Afrika Timur, Timur Tengah, dan Asia Barat Daya, mengancam ketahanan pangan di banyak negara. Kerusakan yang disebabkan mereka bisa sangat besar. Segerombolan kecil bisa makan makanan sebanyak dalam sehari seperti memberi makan 35.000 orang.

Pengendalian terbaik sejauh ini untuk mengatasi belalang gurun saat ini ialah sebagian besar bergantung pada lokasi kawanan dan penyemprotan mereka dengan pestisida spektrum luas.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Abdul Fattah
JOIN US
JOIN US