The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ada Kerutan di Wajah, Suntik Anti-Keriput Perlu Ga Sih? Perhatikan Efek Jangka Panjangnya!
Ilustrasi kerutan pada wajah wanita (Freepik)
Beauty

Ada Kerutan di Wajah, Suntik Anti-Keriput Perlu Ga Sih? Perhatikan Efek Jangka Panjangnya!

Sesuai saran dokter.

Jumat, 30 September 2022 14:00 WIB 30 September 2022, 14:00 WIB

INDOZONE.ID - Kerutan memang gak selalu dialami oleh usia dewasa dan manula aja, loh. Terkadang, kita yang masih muda pun bisa mengalami kerutan di wajah alias penuaan dini.

Sinar matahari merupakan penyebab utama kerutan pada wajah. Maka dari itu, ahli dermatologi menyarankan kita untuk selalu menggunakan Sunscreen atau tabir surya untuk mencegah kerutan. 

Tapi, gak sedikit juga nih yang lebih tertarik untuk melakukan treatment suntik anti-keriput untuk kecantikan yang lebih maksimal tanpa kerutan. Namun, kamu harus tau efek jangka panjangnya loh.

Baca Juga: Tak Takut Dianggap Aneh, Joe Jonas Pamer Botox di Bagian Ini untuk Pria

Pasalnya, selain membuat wajah kamu bebas kerutan, tapi kandungan toxin saat kamu suntik anti-keriput akan bermain dengan antibodi dan resistensi tubuh kamu, seperti yang dijelaskan Dr. Lis Surachmiati Suseno, SpDV(K) berikut,

botox
Dr. Lis Surachmiati Suseno, SpDV(K) pada saat ditemui di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan, Kamis (29/09/22) (INDOZONE/Nandya)

"Yang ditakutkan adalah resistensi, ga ada efek lagi. Kalau tujuan penggunaannya sekedar kecantikan ya tinggal ganti obat ganti cara. Tapi yang tidak diinginkan jika di masa mendatang dia perlu (Botulinum Toxin) karena suatu penyakit lain dan sudah terjadi resistensi walau rendah, itu jadi masalah," ujar dr. Lis Surachmiati dalam acara pengenalan Produk BoNT-A dari Merz Aesthetics.

Nah, untuk kamu yang masih muda yang memiliki kerutan, perlu gak sih melakukan suntik anti-keriput?

Baca Juga: Hair Botox, Salah Satu Perawatan Rambut yang Bisa Kamu Coba Ladies

"Tidak perlu kecuali ada penyakit yang mau ditangani dan perlu persetujuan orangtua, cukup gunakan sunscreen saja untuk melindungi kulit dari sinar matahari," tutur dr. Lis dalam kesempatan yang sama.

Nah, sudah paham kan guys? Melakukan treatment suntik anti-keriput boleh-boleh saja jika dirasa kamu sudah benar-benar memerlukannya. Perlu diingat ya, antibodi kamu berperan penting dalam merespon toxin atau obat dalam suntikan tersebut.

Semoga bermanfaat!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dewi Kania
Marghareta Anandya
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US