5 Cara Mudah Menghitamkan Rambut dengan Bahan Alami
Ilustrasi wanita dengan rambut hitam. (Pexels/Deena)
Beauty

5 Cara Mudah Menghitamkan Rambut dengan Bahan Alami

Tanpa bahan kimia.

Sabtu, 23 Mei 2020 18:25 WIB 23 Mei 2020, 18:25 WIB

INDOZONE.ID - Memiliki rambut hitam dan berkilau menjadi impian hampir semua wanita Indonesia. Namun, sinar matahari, serta perawatan rambut yang tidak cocok membuat warna rambut akan memudar.

Oleh karenanya, banyak wanita yang kemudian melakukan cara instan menghitamkan rambut dengan mewarnainya di salon. Namun, penggunaan pewarna rambut justru akan merusak rambut lho.

Bagi kamu yang ingin menghitamkan rambut tanpa mewarnainya bisa banget lho. Di bawah ini terdapat 5 cara mudah menghitamkan rambut dengan bahan alami yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

1. Lidah Buaya

5 Cara Mudah Menghitamkan Rambut dengan Bahan Alami
Ilustrasi lidah buaya. (Pixabay/mozo190)

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghitamkan rambut secara alami yakni dengan menggunakan lidah buaya. Kamu hanya perlu mengambil daging lidah buaya, lalu dihaluskan hingga lembut. Setelah itu, oleskan ke seluruh rambut dan diamkan selama 15 menit.

Kandungan yang terdapat pada lidah buaya dipercaya bisa membuat rambut hitam dan berkilau. Lakukan perawatan ini secara rutin seminggu sekali ya, untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

2. Air Teh

5 Cara Mudah Menghitamkan Rambut dengan Bahan Alami
Ilustrasi air teh. (Pixabay/Myriam Zilles)

Cara mudah menghitamkan rambut dengan bahan alami yang berikutnya yakni dengan menggunakan air teh. Namun yang kamu gunakan bukan air teh baru ya, melainkan air teh yang telah kamu diamkan semalaman.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu membuat secangkir teh tanpa gula dengan menggunakan air panas. Lalu diamkan semalaman. Esoknya, basuh rambut dengan air teh dan diamkan selama 30 menit lalu keramas seperti biasa menggunakan sampo.

3. Kopi

5 Cara Mudah Menghitamkan Rambut dengan Bahan Alami
Ilustrasi air kopi. (Pixabay/Anja)

Kopi hitam juga bisa digunakan untuk menghitamkan rambut lho. Caranya hampir sama dengan air teh tetapi kopi tak perlu didiamkan semalaman. Begini caranya:

  1. Seduh 3 sendok kopi hitam tanpa gula ke dalam gelas menggunakan air panas.
  2. Aduk kopi hingga larut.
  3. Diamkan sampai kopi menjadi dingin.
  4. Saring ampas kopi.
  5. Gunakan air kopi pada rambut.
  6. Diamkan selama 30 menit.
  7. Untuk hasil maksimal kamu bisa menggunakan ramuan kopi dua kali dalam seminggu.

4. Minyak Kelapa

5 Cara Mudah Menghitamkan Rambut dengan Bahan Alami
Ilustrasi minyak kelapa. (Pixabay/silviarita)

Cara menghitamkan rambut dengan bahan alami selanjutnya yakni menggunakan minyak kelapa. Selain membuat hitam, minyak kelapa juga bermanfaat untuk menjaga kelembapan, dan mencegah kerontokan rambut.

Kamu hanya perlu mengoleskan minyak kelapa pada rambut, lalu pijat kepala agar minyak meresap. Diamkan selama 15 menit, kemudian keramas menggunakan sampo.

5. Minyak Zaitun

5 Cara Mudah Menghitamkan Rambut dengan Bahan Alami
Ilustrasi minyak zaitun. (Pixabay/Steve Buissinne)

Tak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, minyak zaitun juga bisa menghitamkan rambut kamu secara alami. Kamu hanya perlu mengoleskan 5 tetes minyak zaitun secara merata ke rambut. Setelah itu diamkan semalaman agar minyak zaitun meresap ke dalam rambut. Esoknya bilas menggunakan air bersih dan keramas dengan sampo.


Itulah 5 cara mudah menghitamkan rambut dengan bahan alami. Selamat mencoba.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Susi Fatimah
Yulia Marianti

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US