Sering Tidur saat Rambut Basah? Gak Baik lho...
Tidur dalam keadaan rambut basah sangat tidak dianjurkan. (Ilustrasi/Unsplash/Ryan Moreno)
Beauty

Sering Tidur saat Rambut Basah? Gak Baik lho...

Hindari mulai saat ini ya!

Kamis, 16 Januari 2020 12:29 WIB 16 Januari 2020, 12:29 WIB

INDOZONE.ID - Memiliki rambut sehat dan indah merupakan idaman bagi hampir setiap perempuan. Tak jarang mereka rela merogoh ‘kocek’ yang dalam hanya untuk menjalani treatment yang panjang dan memakan waktu lama agar rambut mereka dapat terlihat indah dan berkilau.

Namun, tahukah kamu jika seluruh usaha yang sudah kamu lakukan untuk mendapatkan rambut yang indah dan menawan tersebut akan menjadi sia-sia ketika kamu terus-menerus melakukan hal yang terkesan sepele ini namun berdampak buruk bagi kesehatan rambutmu. 

Ya, hal sepele yang dimaksud adalah tidur dengan kondisi rambut yang basah.

Kebiasaan buruk ini bisa membuat rambut kamu menjadi lemah, sehingga kemungkinan terjadinya rambut rontok menjadi lebih besar. Kemudian, kondisi rambut lembab juga dapat mengakibatkan pH di kulit kepala menjadi tidak seimbang.

Hal tersebut cenderung dapat meningkatkan produksi lemak berlebih di kulit kepala. Sehingga saat kamu bangun, rambutmu akan terlihat berminyak, kusut dan susah diatur.

Akan tetapi, beberapa masalah kerusakan rambut tadi belum seberapa. Parahnya adalah kondisi kulit kepala yang lembab merupakan kondisi lingkungan ideal bagi mikroorganisme di kepala dan tempat tidur kamu untuk tumbuh dan melakukan reproduksi.

Bakteri dan jamur di kulit kepala dan sekitarnya dapat memicu timbulnya iritasi dan infeksi jika tidak segera ditangani. Sebab jika dibiarkan, rasa gatal di kepala dapat menimbulkan bengkak dan tidak dapat langsung hilang meskipun rambut kamu sudah kering.

Tidur dengan kondisi rambut basah tidak hanya berpengaruh buruk bagi kesehatan rambut kamu, tetapi juga dapat mengakibatkan masalah kesehatan lainnya bagi tubuh. Seperti timbulnya gejala sakit kepala yang dikarenakan kelembaban pada rambut menjadikan perbedaan suhu di kepala.

Rambut basah
(Ilustrasi/Unsplash/Veeterzy)

Hal tersebut dapat membuat sirkulasi darah di kepala terganggu yang menyebabkan rasa sakit kepala dan pusing yang dapat mengganggu tidurmu. Selain itu, kondisi lembap pada kepala yang dibiarkan dalam waktu lama juga dapat mengakibatkan melemahnya sistem kekebalan tubuh.

Celakanya lagi, hal tersebut dapat memicu gangguan kesehatan lain seperti flu dan alergi karena virus dan bakteri akan lebih mudah untuk menyerang tubuh kamu. 

Jadi, apakah kamu masih malas untuk mengeringkan rambut terlebih dahulu sebelum tidur?

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Dita Rana
Dita Rana

Dita Rana

Content Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU