Yakin Sudah Merawat Kulit? Ini 5 Hal yang Harus Dihindari Kulitmu
Ilustrasi merawat kulit (Pexels/panther sohi)
Beauty

Yakin Sudah Merawat Kulit? Ini 5 Hal yang Harus Dihindari Kulitmu

Perlakukan dengan baik

Selasa, 03 Desember 2019 16:31 WIB 03 Desember 2019, 16:31 WIB

INDOZONE.ID - Bagaimana kondisi kulit tubuhmu? Apakah selama ini kamu merawatnya dengan baik. 

Kulit merupakan organ terbesar tubuh kamu, ia membentuk 15 persen dari berat tubuhmu dan merawatnya merupakan satu tugas penting lainnya. 

Merawat kulit tubuh memang tidak mudah, seringkali justru kamu melakukan hal-hal yang harusnya dihindari demi kebaikan kulit tubuhmu. 

Nah, berikut lima hal yang perlu dihindari dan tidak seharusnya kamu lakukan pada kulitmu, dilansir dari Hudabeauty

1. Eksfoliasi Berlebihan

Eksfoliasi merupakan pengelupasan kulit untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori, menyebabkan komedo dan jerawat. 

Ada yang namanya eksfoliasi berlebihan yang dilakukan terlalu keras, misalnya menggaruk secara kasar yang dapat melukai permukaan kulit, membiarkannya terbuka yang berpotensi terpapar udara tidak sehat. 

Untuk memastikan kamu tidak melakukan eksfoliasi berlebihan, hindari memberikan terlalu banyak tekanan dan gunakan exfoliator dengan butiran kecil yang lembut, yang tidak akan terlalu kasar pada kulit. 

Jika kamu memiliki kulit kering atau sensitif, kami sarankan lakukan eksfoliasi cukup seminggu sekali. 

Untuk jenis kulit normal dan kombinasi lakukan dua kali dalam seminggu, dan untuk kulit berminyak dan kombinasi, lakukan hingga tiga kali dalam seminggu. 

Sebelum eksfoliasi, pertimbangkan jika menggunakan exfoliator kimia yang mengandung AHA dan BHA atau enzim buah untuk membersihkan pori-pori dan sel kulit mati. 

Setelah eksfoliasis, bersihkan kulit muka kamu secara menyeluruh dan gunakan air hangat, jangan air panas ya. Lakukan secara perlahan dan tekan secara lembut. 

2. Jangan memencet jerawat

Ilustrasi jerawat
Ilustrasi jerawat (Pexels/Jenna Hamra)

Kulit kita melakukan pekerjaan yang luar biasa untuk melindungi, sehingga terkadang lupa betapa rapuhnya. 

Masalah yang paling alami dari kulit adalah jerawat, mungkin kamu risih dengan keberadaannya dan ingin segera menyingkirkannya. 

Tetapi semakin kamu ingin memencet dan mengambil jerawat secara paksa, maka akan semakin banyak peradangan, dan bisa-bisa jerawatnya menyebar ke sisi lainnya, lho. 

Dan bahkan sisi terburuknya adalah, bisa muncul kista, lho. Dokter kulir, Dr. Doris Day menjelaskan bahwa yang membedakan jerawat dan kista adalah, kista memiliki lapisan yang lebih besar. 

"Kami dapat mengecilkan kista, tetapi kista itu masih tetap ada di sana dan dapat tumbuh kembali," katanya. 

Jika kamu ingin mendapatkan penanganan yang tepat mengenai kista di wajah, biarkan dokter kulit menanganinya. 

Mulai sekarang, cobalah bersikap lembut dengan kulit kamu, perlakukan dengan baik. Keringkan dengan lembut, jangan menggosok terlalu keras yang akan mengakibatkan kulit keriput dan kendur. 

Hindari juga menggosok mata terlalu keras ketika melepaskan riasan. Menarik atau menggosok kulit akan membuat garis-garis halus dan kerutan lebih mungkin terjadi. 

3. Gunakan sunblock 

Ilustrasi menggunakan sunblock
Ilustrasi menggunakan sunblock (Pixabay/chezbeate)

Apakah kamu melindungi kulitmu dari sunblock? Jika tidak, gunakan secara teratur mulai sekarang. Kamu yang tidak menggunakan sunblock, maka matahari siap memperlihatkan kulit kamu secara nyata, lho. 

Sinar matahari menghancurkan kolagen yang menyebabkan kulit keriput, dan sinar UV memicu produksi melanin (pigmen) alias bintik hitam. Sunblock membantu melindungi kulitmu dari serangan matahari dan sinar UV penyebab kanker. 

Gunakan SPF 50+ untuk melindungi sinar UVB yang membakar kulit dan sinar UVA yang menghancurkan kolagen, keduanya sangat penting. 

Jika kamu bekerja di bawah sinar matahari secara langsung atau sering bepergian keluar saat bekerja, gunakan tabir surya setiap 2 jam sekali. Tenang, sunblock favoritmu tidak akan merusak riasan atau kulit wajahmu kok. 

4. Melupakan leher dan mata 

Ilustrasi mata
Ilustrasi mata (Pexels/Engin Akyurt)

Kamu mungkin mengetahui tahapan perawatan kulit, tetapi apakah kamu mengabaikan perawatan di area leher dan mata? 

Jika iya, mulai sekarang perhatikan kedua area itu, kamu bisa menggunakan krim mata. Melupakan area leher merupakan hadiah serius untuk kamu, lho. 

Bersihkan leher kamu dua kali dalam sehari dan gunakan bronzer untuk memastikan garis dasar,  mengencangkan dan melembabkan. Pastikan kamu pijat secara lembut dan gerakan ke atas agar tidak membuat kendur. 

Kulit di bawah mata adalah yang paling halus di seluruh tubuh, yang membutuhkan banyak hidrasi dan nutrisi, tidak hanya untuk mencegah garis-garis halus, tetapi juga untuk membantu menghilangkan lingkaran hitam. 

5. Menggunakan produk yang sama selamanya 

Ilustrasi produk kecantikan
Ilustrasi produk kecantikan (Pexels/Suzy Hazelwood)

Apakah kamu sering repurchase produk perawatan kulit yang sama? Mulai saat ini mungkin perlu dipikirkan kembali. 

Menemukan produk yang cocok memang tidak mudah, tetapi sayangnya saat sudah menemukan produk yang cocok pun kamu tidak bisa menggunakan selamanya, lho. 

Karena, seiring waktu kulit kamu akan berubah dan beradaptasi dengan bahan aktif dalam produk, sehingga penggunaan dalam jangka waktu lama akan menjadi kurang efektif. 

Bukan hanya perubahan kulit, apa yang kamu gunakan berhasil untuk satu atau dua tahun yang lalu, mungkin saat ini bukan lagi produk yang tepat. 

Penting juga untuk mengetahui jenis kulit kamu dan mengevaluasi kembali setiap enam bulan, karena bisa jadi perubahan kulit yang disebabkan hormon, lingkungan, dan tingkat stres. 

Kamu juga perlu mempertimbangkan rutinitas perawatan kulit saat pergantian musim. Saat musim hujan, kulit kamu lebih membutuhkan hidrasi. 

Sementara saat musim panas, kamu butuh pelembab gel, sunblock SPF 50+. Dan saat musim hujan, kamu tetap wajib menggunakan tabir surya juga ya. 

Dan pastikan juga kamu tidak melupakan 4 hal penting lainnya di bawah ini: 

  • Jangan pernah tidur dengan makeup yang masih menempel, selalu bersihkan sebanyak dua kali sebelum tidur. 
  • Cuci kuas makeup kamu sekali dalam seminggu dan cuci spons makeup kamu setiap kali kamu selesai menggunakannya.
  • Tidur yang nyenyak untuk membantu perbaikan kulit. 
  • Jangan lupa gunakan pelembab karena kulit kamu sangat membutuhkannya. Pastikan kamu menggunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulitmu. 

Artikel Menarik Lainnya: 

TAG
Bela
Bela

Bela

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU