The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sering Merasa 'Enggak Enakan' Sama Orang? Ini Sejumlah Kerugian yang Bakal Kamu Alami
Pusing karena menerima pekerjaan orang lain. (photo/Ilustrasi/Pexels/Marcus Aurelius)
Beauty

Sering Merasa 'Enggak Enakan' Sama Orang? Ini Sejumlah Kerugian yang Bakal Kamu Alami

Selasa, 31 Agustus 2021 12:49 WIB 31 Agustus 2021, 12:49 WIB

INDOZONE.ID - Beberapa orang kerap merasa sulit untuk menolak permintaan orang lain atau bersifat 'enggak enakan'. Sifat ini terkesan baik di mata orang lain, tetapi sebenarnya dapat memberikan dampak buruk untuk orang yang melakukannya. 

Pastinya sifat itu dapat bawa beragam dampak negatif untuk diri kamu sendiri. Terutama untuk kesehatan mental kamu. Melihat itu, Indozone kali ini akan membagikan sejumlah kerugian jadi orang yang 'enggak enakan'. Apa sajakah itu? Berikut ini daftarnya:

1.  Dianggap remeh

Tidak jarang orang yang memiliki sifat ini dipandang remeh oleh orang lain, karena mereka tahu pasti kamu tidak akan pernah memberontak. Jadi, terkadang orang yang tidak tahu diri itu akan meremehkan kamu dan menganggap kecil perasaan kamu. Hal itu tentunya bukan menjadi hal yang baik untuk diri kamu sendiri, karena dengan membela diri bukan berarti kamu jahat. 

2. Mudah dimanfaatkan oleh orang lain

Kedua, kamu jadi mudah dimanfaatkan orang lain. Sifat kamu yang 'enggak enakan' itu dapat menjadi sasaran empuk bagi orang egois dan tidak tahu diri untuk memanfaatkan kamu. Karena mereka tahu bahwa kamu akan selalu bilang 'iya' dan akan menuruti permintaan mereka tanpa adanya penolakan. 

3. Tidak bisa menolak permintaan

Terakhir, kamu tidak bisa menolak permintaan, karena kamu takut untuk menolak berbagai permintaan orang lain. Hal itu merupakan dampak yang paling familiar, tetapi di samping itu sifat takut untuk menolak dapat menjadi efek yang buruk untuk diri kamu sendiri. 

Jika kamu menolak permintaan bukan berarti kamu jahat, tapi justru itu menjadi bukti bahwa kamu berpegang teguh pada pendirian kamu. Jadi, janganlah takut untuk bilang 'tidak' pada segala sesuatu hal yang memang seharusnya tidak bisa dilakukan atau diterima kamu.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fernando Sutanto

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US