The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Tips Cantik Alami Biar Terhindar dari Permasalahan Kulit Wajah Gen Z
Ilustrasi wajah wanita cantik sehat (Freepik)
Beauty

5 Tips Cantik Alami Biar Terhindar dari Permasalahan Kulit Wajah Gen Z

Penting banget.

Kamis, 18 Agustus 2022 08:30 WIB 18 Agustus 2022, 08:30 WIB

Kulit wajah sering mengalami banyak masalah, seperti kusam, jerawat, keriput hingga flek hitam. Kalau kamu mengabaikan gangguan kesehatan kulit, akan berdampak buruk, loh.

 

Oleh karena itu, kamu perlu memahami beberapa cara merawat wajah supaya muka kamu tampak sehat. Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah 5 tips alami yang bisa kamu terapin:

 

1. Rutin membersihkan wajah dan gunakan pelembap 

Ini wajib banget, tapi kadang masih sering diabaikan. Tips kecantikan dan kesehatan kulit wajah yang pertama adalah secara rutin membersihkan kulit kamu dari kotoran dan bakteri. Bila kamu merasa kulit menjadi kering, sebaiknya gunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit kamu, ya.

 

2. Tidur Cukup

Hayo siapa nih yang masih sering begadang? Mencukupi kebutuhan tidur sangatlah penting bagi kecantikan dan kesehatan kulit wajah. Kalau kamu kurang tidur, hal ini dapat membuat kulit wajah kamu terlihat lelah dan kusam, juga munculnya kantung mata atau lingkaran gelap di bawah mata. Jadi, mulai tidur cukup, ya.

 

3. Lindungi kulit dari paparan sinar matahari 

Tips kecantikan dan kesehatan wajah yang perlu kamu perhatikan adalah dengan melindungi kulit kamu dari sinar matahari khususnya di saat matahari berada pada intensitas tertingginya yaitu 10.00 sampai 16.00.

 

Selalu gunakan sunscreen yang memiliki SPF lebih dari 15 dengan menerapkannya sekitar 20 menit sebelum kamu beraktivitas keluar dan kenakan juga pakaian pelindung, seperti baju dengan lengan panjang, celana panjang, atau topi. Terapkan hal ini, maka kulit wajah kamu bakal lebih sehat, loh.

 

4. Kendalikan stres

Stres memang paling susah dihindari, tapi dampaknya buruk loh buat kesehatan wajah. Stres bisa mendorong kelenjar adrenal untuk menghasilkan kortisol, yang merupakan hormon utama penyebab stres yang  menjadi salah satu penyebab produksi lemak berminyak dari kelenjar sebaceous. Bila jumlah lemak berminyak terlalu banyak bisa menutup pori-pori kulit dan menjebak bakteri penyebab jerawat di dalamnya. Maka dari itu, tips kecantikan alami yang dapat kamu terapkan adalah dengan mengurangi stres, ya.

 

5. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi 

Makan makanan yang sehat dan bergizi seperti buah dan sayuran merupakan salah satu cara paling penting dalam membuat kulit wajah kamu supaya terlihat lebih sehat dan kencang, sehingga tampak awet muda. Kamu perlu juga mencukupi kebutuhan air putih agar kulit bisa terjaga kelembapannya. Cukupi kebutuhan air minum setidaknya 8-10 gelas per hari.

 

Itulah 5 tips kecantikan dan kesehatan kulit wajah yang bisa kamu lakukan agar mendapatkan kulit kamu sehat. Selamat mencoba!

 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dewi Kania
Marghareta Anandya

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US