Tak Perlu Risau, Sembuhkan Jerawat dengan Memakai Cuka Apel
ilustrasi cuka apel (pixabay/wicherek)
Beauty

Tak Perlu Risau, Sembuhkan Jerawat dengan Memakai Cuka Apel

Sabtu, 15 Februari 2020 15:42 WIB 15 Februari 2020, 15:42 WIB

INDOZONE.ID - Cuka apel adalah salah satu cairan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Cuka apel sendiri mengandung asam asetat daan beberapa vitamin, seperti vitamin A, B1, B2, B6, dan E. Tak hanya itu, cuka apel juga mengandung potasium, kalsium dan magnesium.

Dalam dunia kecantikan, cuka apel dipercaya bisa mengurangi hiperpigmentasi, kerutan, jerawat, menyeimbangkan pH kulit, dan masih banyak lagi.

"Cuka apel kaya akan kandungan malic acid, dimana kandungan tersebut serupa dengan Alpha Hydroxy Acid (AHA) dan bisa memberikan efek eksfoliasi pada kulit," kata seorang dokter kulit bernama Dr. Lian Mack, MD, dilansir dari Refinery 29.

Hal inilah yang membuat cuka apel dipercaya bisa membantu mencegah penyumbatan pori-pori dan cegah timbulnya jerawat akibat sel kulit mati yang menumpuk.

Tak hanya itu, cuka apel juga bisa mengurangi produksi melanin yang membuat warna kulit jadi terlihat lebih rata. Meskipun cuka apel memiliki segudang manfaat, nyatanya jika cuka apel digunakan secara berlebihan, maka dapat menyebabkan kerusakan yang terbilang serius.

"Ini menurunkan pH kulit, yang akhirnya dapat menyebabkan luka bakar kimia," ujar dr. Lian.

Oleh sebab itulah, dr. Lian menyarankan untuk menggunakan cuka apel dengan seimbang. Perbandingan campurannya bisa disesuaikan dengan kondisi kulit yang dimiliki. 1:1 untuk kulit berminyak, 2 air:1 cuka apel untuk kulit normal, dan 3 air:1 cuka apel untuk kulit yang sensitif.

"Karena sifatnya yang asam, malic acid secara alami menyebabkan iritasi. Orang-orang yang memiliki kulit sangat kering, eksim, atau bahkan kemerahan pada wajah atau rosacea bisa memperburuk kondisi mereka dan berpotensi untuk terkena alergi," jelasnya.

Nah, untuk memanfaatkan cuka apel sebagai obat jerawat, coba deh ikuti cara berikut.

1. Konsumsi cuka apel setiap hari

apel
ilustrasi cuka apel (Healthline)

Selain membutuhkan perawatan dari luar, jerawat akan hilang jika ada perawatan dari dalam tubuh juga. Nah, salah satu yang bisa dilakukan ialah mengonsumsi cuka apel setiap hari. Kamu bisa mencampurkan cuka apel dengan air. Panaskan kedua campuran ini dan minumlah sebelum atau sesudah sarapan setiap hari.

2. Manfaatkan cuka apel sebagai pencuci wajah

cuka apel
ilustrasi wanita cuci muka dengan cuka apel (pexels/Vitoria Santos)

Buat kamu yang mungkin kurang cocok menggunakan produk pencuci wajah yang dijual di pasaran, cuka apel bisa jadi alternatif kamu untuk menghilangkan jerawat. Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mencampurkan cuka apel dengan air hangat. Kemudian ambil handuk wajah dan celupkan ke dalam campuran air tersebut lalu usap ke seluruh wajah hingga bersih.

3. Jadikan cuka apel sebagai toner

apel
ilusrasi cuka apel (Health News Tips)

Bekas jerawat dan jerawat yang meradang bisa dihilangkan dengan menggunakan cuka apel dan lidah buaya. Cara pengaplikasiannya sangat mudah. Kamu hanya tinggal mencampurkan dua sendok makan cuka apel, dua cangkir air matang dan satu sendok gel lidah buaya. Masukkan semua bahan tersebut dalam satu botol spray gunakan sebagai toner.

4. Pakai cuka apel sebagai obat totol jerawat

jerartsw
ilustrasi jerawat (pixabay/Sharon McCutcheon)

Asam dalam cuka apel dapat membantu mengeringkan jerawat yang meradang serta membunuh bakteri penyebabnya. Kamu hanya perlu mencampurkan dua sendok makan cuka apel dengan satu cangkir air matang. Setelah itu masukkan campuran tersebut ke dalam botol. Saat ingin memakainya, kamu tinggal mengoleskan campuran cuka apel dengan menggunakan kapas.

5. Coba pakai cuka apel sebagai masker

apel
ilustrasi wanita memakai masker cuka apel (Miss Wish)

Tak hanya jerawat, bruntusan di wajah pun akan hilang dengan mamakai cuka apel. Kamu hanya perlu  mencampurkan dua sendok makan cuka apel dan tiga sendok makan baking soda. Gunakan campuran tersebut sebagai masker.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Putri
Putri

Putri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU