The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Gonta-Ganti Masker Tiap Hari, Jubir Covid-19 Achmad Yurianto: Ini Jahitan Istri
Achmad Yurianto, Juru Bicara Pemerintah Covid-19 (Capture Youtube BNPB Indonesia)
Beauty

Gonta-Ganti Masker Tiap Hari, Jubir Covid-19 Achmad Yurianto: Ini Jahitan Istri

Masker dari sang istri.

Jumat, 08 Mei 2020 10:38 WIB 08 Mei 2020, 10:38 WIB

INDOZONE.ID - Demi menekan penyebaran virus corona, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menerapkan kebijakan untuk selalu menggunakan masker saat berada di luar rumah. Kebijakan ini juga disepakati pemerintah Indonesia. Untuk mengurangi kelangkaan masker medis, pemerintah mengimbau masyarakat untuk beralih menggunakan masker kain.

Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, sekaligus Direktur Jenderal Pencegahan Pengendalian Penyakit (Dirjen P2P), Achmad Yurianto tengah menjadi sorotan belakangan ini. Pasalnya Yurianto terlihat kerap mengunakan masker batik dengan motif berbeda setiap harinya.

Achmad Yurianto
Achmad Yurianto, Juru Bicara Pemerintah Covid-19 (Capture Youtube BNPB Indonesia)

Penampilan unik inilah yang akhirnya mengundang rasa penasaran masyarakat tentang masker batik yang dikenakannya. Menurut Yurianto, masker kain batik ini merupakan buatan sang istri tercinta. Ia juga menjelaskan bahwa istrinya, Dwiretno Yuliarto adalah seorang perajin, makanya senang menjahitkan masker kain batik setiap hari.

"Diusahakan, masker kain batik yang digunakan matching dengan busana yang saya pakai. Bahkan beberapa baju yang saya pakai juga dijahit sendiri oleh istri saya. Sisa bahan baju inilah yang akhirnya dibuat menjadi masker," kata Achamd Yurianto pada Indozone, Jumat (8/5/2020).

Ia juga menambahkan bahwa langkah ini sebagai bentuk kebanggaannya terhadap kain batik Indonesia, khususnya para perajin. Yurianto juga ingin menunjukkan pada masyarakat bahwa bukanlah hal yang mudah menggunakan masker, karena kita bisa membuatnya sendiri di rumah.

Achmad Yurianto
Achmad Yurianto, Juru Bicara Pemerintah Covid-19 (Capture Youtube BNPB Indonesia)

Tak hanya membuatkan masker untuk suami, istri Yurianto yang juga pensiunan dokter ini kerap terlibat dalam berbagai pagelaran industri kreatif seperti Inacraft.

"Harusnya ikut serta dalam acara Inacraft tapi nggak jadi karena pandemi virus corona ini. Sehingga barangnya menumpuk," tambahnya.

Agar tidak terbuang sia-sia, istri Yurianto juga menyumbangkan masker buatannya ke sejumlah Puskesmas yang ada di Jakarta.

"Sembari mengisi waktu luang, dia akhirnya terus menjahit masker, lumayan setidaknya dapat 10 buah masker yang bisa diberikan ke orang yang membutuhkan," ujarnya.

Diharapkan masyarakat bisa lebih memahami betapa pentingnya penggunaan masker kain. Kedisiplinan Yurianto dalam mengenakan masker kain semoga bisa menginspirasi masyarakat untuk melakukan hal yang sama. 


Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US