The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Merawat Kulit Wajah di Musim Hujan, Simak Yuk!
Ilustrasi Merawat Wajah Musim Hujan. (Photo/Ilustrasi/Pixabay)
Beauty

Merawat Kulit Wajah di Musim Hujan, Simak Yuk!

Rabu, 20 Januari 2021 17:24 WIB 20 Januari 2021, 17:24 WIB

INDOZONE.ID - Merawat kulit wajah adalah suatu hal yang wajib dilakukan agar penampilan senantiasa segar dan awet muda. Terlebih di musim hujan seperti sekarang ini, perawatan wajah tidak boleh luput dari perhatian.

Namun, musim hujan dapat mengganggu kesehatan kulit wajah, terutama bagi tipe kulit berminyak. Hal ini karena udara lembap saat musim hujan dapat membuat wajah terlihat kusam dan menimbulkan jerawat.

Untuk mencegah terjadinya masalah-masalah pada wajah tersebut, berikut beberapa perawatan wajah di musim hujan yang perlu diterapkan. Simak ya!

1. Selalu menjaga kebersihan wajah

Menjaga kebersihan wajah merupakan hal yang utama dilakukan di musim hujan seperti ini. Udara yang cenderung lembap pada musim ini bikin kulit relatif lebih berminyak yang memicu munculnya komedo dan jerawat.

Untuk menghindarinya, bersihkan wajah 2-3 kali sehari dengan pembersih yang sesuai jenis kulit.

Bila kamu memiliki kulit sensitif, pembersih berbahan dasar tea tree oil, aloe vera, madu, dan rose water bisa jadi pilihan.

2. Menggunakan toner setelah membersihkan wajah

Toner cukup ampuh menjaga kulit wajah senantiasa bersih dan bebas jerawat. Selain itu, toner juga mampu memberikan kelembapan ekstra sebelum menggunakan produk skincare berikutnya.

Baca Juga : Pria Ini Gunakan Aplikasi FaceApp, Netizen: Ini Udah Milea Banget

Dengan begitu, bahan aktif produk selanjutnya dapat meresap sempurna sehingga manfaatnya lebih maksimal.

3. Gunakan tabir surya

Sinar matahari di musim hujan tetap mengandung ultraviolet. Dalam jangka panjang, ultraviolet bisa membuat kulit kusam, muncul kanker kulit.

Untuk melindungi kulit wajah dari bahaya tersebut, selalu gunakan tabir surya dengan Sun Protecting Factor (SPF) minimal 25.

SPF yang lebih tinggi dapat dipilih bila aktivitas banyak dilakukan di luar ruangan. Jangan lupa mengoleskannya berulang, apalagi kalau Anda sering berkeringat atau terpapar air.

4. Gunakan pelembab

Pelembap merupakan kunci penting bila ingin kulit selalu kenyal dan terlihat segar. Meski di musim hujan udara cenderung lembap, pemakaian pelembap tetap wajib.

Untuk kulit yang cenderung kering, pilih pelembap mengandung minyak jojoba, madu, atau ekstrak almond agar kulit lebih lembap dan bebas iritasi.

5. Eksfoliasi

Pori-pori tersumbat merupakan salah satu masalah kulit yang kerap terjadi di musim hujan. Salah satu cara untuk mencegah sekaligus mengatasi masalah ini adalah rutin eksfoliasi kulit.


TAG
Abdul Fattah
JOIN US
JOIN US