The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ternyata, Aplikasikan Jeruk Nipis Punya Efek Samping untuk Wajah, Ini Daftarnya!
Jeruk nipis. (photo/Pexels/Denys Gromov)
Beauty

Ternyata, Aplikasikan Jeruk Nipis Punya Efek Samping untuk Wajah, Ini Daftarnya!

Sabtu, 25 Desember 2021 14:16 WIB 25 Desember 2021, 14:16 WIB

INDOZONE.ID - Memiliki wajah dan kulit yang bersih dan cerah adalah impian setiap orang, terutama untuk wanita. Untuk mendapatkan hal itu, wanita rela mengeluarkan uang untuk melakukan sejumlah perawatan hingga beli alat make up. 

Selain itu, sejumlah orang yang melakukan perawatan dengan memakai bahan alami, salah satunya adalah jeruk nipis. Seperti yang diketahui, jeruk nipis adalah buah-buahan yang kaya akan antioksidan, seperti dengan vitamin C yang dapat melawan radikal bebas di kulit dan juga membantu meningkatkan kadar kolagen. 

Hanya saja, mengaplikasikan jeruk nipis ke wajah dapat berikan sejumlah efek samping untuk wajah, hanya saja kita tidak mengetahuinya. Agar tidak penasaran, berikut ini daftarnya!

1. Menyebabkan iritasi pada kulit 

Seorang praktisi kesehatan holistic, Debra Rose Wilson, Ph.D mengatakan jeruk nipis bisa menimbulkan beberapa efek samping berupa kulit iritasi seperti dengan kemerahan dan kekeringan. Melihat hal itu, dia memberi komentarnya. 

“Risiko efek samping ini mungkin lebih besar jika kamu menggunakan jeruk nipis pada kulit setiap hari,” ungkapnya, mengutip Healthline.

2. Membuat kulit menjadi sensitif

Kedua adalah jeruk nipis dapat membuat kulit menjadi sensitif. Hal ini dikarenakan jeruk nipis mengandung kandungan atau zat asam yang tinggi, sehingga jika diaplikasikan ke kulit dapat membuat kulit menjadi sensitif. 

3. Menimbulkan hiperpigmentasi pada kulit 

Menurut penelitian yang dipublikasikan Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology pada 2010. Dalam penelitian itu, merawat kulit berjerawat dengan menggunakan jeruk nipis berisiko lebih tinggi, mengalami hiperpigmentasi akibat jaringan parut jerawat. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fernando Sutanto
JOIN US
JOIN US