5 Zat Haram Bagi Wanita Muslim yang Terdapat Pada Produk Makeup
Ilustrasi/Pexels

5 Zat Haram Bagi Wanita Muslim yang Terdapat Pada Produk Makeup

indozone
Fitri Jumat, 14 Juni 2019 17:07 WIB 14 Juni 2019, 17:07 WIB

Bukan hanya makanan saja ada halal dan haramnya, namun makeup juga ada yang haram dan halal. Bagi wanita muslim yang menggunakan makeup harus lebih selektif lagi dalam memilih produk makeup yang digunakan.

Nah, berikut ini beberapa zat haram yang terdapat dalam produk makeup. Apa saja ya?

1. Kolagen

Kolagen merupakan protein jaringan ikat yang liat dan bening kekuning-kuningan. Jika terkena panas akan membuatnya kental seperti lem, biasanya kolagen berasal dari sapi, babi atau organ manusia. Kolagen bisa kita jumpai pada handbody lotion, terutama pelembab.

2. Alkohol lanolin

Kandungan alkohol lanolin dalam produk kosmetik masih diragukan kehalalannya karena bisa jadi kandungan tersebut mengandung minyak dari kulit babi.

3. Glyserin

Glyserin digunakan dalam kosmetik untuk membantu melembabkan, serta menghaluskan kulit. Biasanya ini bisa ditemukan pada produk hand & body lotion, sabun mandi, pelembab, krim, lipstik dan lain-lain. Glyserin sendiri terbuat dari hewani seperti sapi dan babi atau juga nabati kelapa sawit.

4. Keratin

Keratin biasanya dijumpai pada produk rambut, Keratin terbuat dari protein natural dari tubuh binatang. Hal ini dinilai tidak halal untuk dijadikan sebagai bahan kosmetik.

5. Cairan Amnion

Penggunaan cairan amnion para produk kecantikan memiliki efek melembabkan, melembutkan serta menghaluskan kulit. Biasanya cairan amnion ini terdapat pada produk pelembab, lotion rambut, shampoo, serta perawatan kulit dan rambut. Cairan amnion terbuat dari sapi dan babi.

    Indozone Media

    Fitri

    Editor
    TERKAIT DENGAN INI