The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Benarkah Sperma Bisa Bikin Jerawat Hilang?
Ilustrasi Memecahkan Jerawat. (photo/ilustrasi/freepik)
Beauty

Benarkah Sperma Bisa Bikin Jerawat Hilang?

Sabtu, 09 Januari 2021 14:38 WIB 09 Januari 2021, 14:38 WIB

INDOZONE.ID - Banyak beredar mitos dalam dunia kecantikan yang mengatakan bahwa sperma bisa membuat jerawat hilang, benarkah demikian?

Seperti yang diketahui, di dalam sperma banyak mengandung berbagai unsur nutrisi, seperti protein, zinc, magnesium, kalsium, potasium dan fruktosa.

Dalam sebuah studi Institute of Biology and Geology, Universitas Tromso, Norwegia menyebutkan sperma juga mengandung senyawa antioksidan yang disebut spermine.

Baca Juga : Hindari Kebiasaan Ini Jika Tak Ingin Cepat Tua

Karena kandungan itulah, banyak orang yang beranggapan sperma bisa membuat jerawat hilang.

Meski demikian, ternyata hal ini masih menuai perdebatan.

Pemimpin Cosmetic and Clinical Research Departemen Dermatologi RS Mount Sinai, Dr Joshua Zeichner mengatakan sperma justru bisa membuat kulit iritasi.

"Cairan tersebut mengandung kombinasi dari sperma, enzim, asam, dan lipid. Dilihat dari kandungannya, meski berpotensi untuk membantu mengeksfoliasi sel-sel kulit mati, itu cenderung bisa menyebabkan iritasi jika diaplikasikan ke kulit dan didiamkan selama beberapa waktu," jelas dia.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh dermatologis Cybele Fishman. Ia mengatakan sifat basa pada sperma tak cocok digunakan pada kulit seseorang yang bersifat asam.

TAG
Abdul Fattah
JOIN US
JOIN US