The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Peragaan Busana 'Indonesia Fashion Parade 2021' Tampilkan Keindahan Ulos Batak Handmade
Peragaan busana 'Indonesia Fashion Parade 2021'. (ANTARA/HO/Indonesia Fashion Parade 2021)
Beauty

Peragaan Busana 'Indonesia Fashion Parade 2021' Tampilkan Keindahan Ulos Batak Handmade

Jumat, 09 April 2021 09:30 WIB 09 April 2021, 09:30 WIB

INDOZONE.ID - Fashion show alias peragaan busana 'Indonesia Fashion Parade 2021' yang diikuti sejumlah perancang busana dengan mengedepankan kain- kain khas Nusantara menampilkan keindahan Ulos Batak karya Athan Siahaan.

Athan ingin menunjukkan keindahan ulos dari tanah Sumatera Utara yang mempertontonkan keindahan bahan dari alam.

“Keunikan ulos karena dibuat dengan handmade, produksinya benar benar manual dari bahan bahan alami, pewarna alami, namun seiring waktu saat ini banyak produk dengan benang sintetis dan mesin, jadi itu justru bisa membunuh kain ulos tradisional. Hal ini membuat saya lebih tertantang untuk mengangkat keunikan ulos manual,” ujar Athan dikutip dari Antara, Kamis (8/4/2021).

Acara ini juga merupakan peragaan busana perdana yang dilakukan selama pandemi Covid-19 dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Peragaan busana ini dapat disaksikan di kanal YouTube milik Athan Siahaan.

Diharapkan dengan adanya peragaan busana itu dapat mendongkrak kembali potensi dari busana kearifan lokal meski sempat mati suri di tengah pandemi Covid-19.

Adapun beberapa desainer yang terlibat dalam peragaan busana ini meliputi Athan Siahaan, Ariesanthi, Sonny Muchlison, Eko Tjandra, Ucok M Sirait, Jumbriyono, Dewi Marda, Arlinawati, dan Lenny Hartono.

Selain karya Ulos Batak, dalam “Indonesia Fashion Parade 2021” juga dipertunjukkan kain- kain Nusantara lainnya seperti songket, batik tulis, eco print, tenun ikat, benang bintik hingga lurik.

Kecintaan Athan terhadap ulos ingin dibagikannya kepada generasi- generasi muda sehingga dia menantang dirinya untuk berkarya.

Dia juga berharap anak- anak muda di Indonesia dapat menghargai dan menggunakan kain- kain nusantara seperti ulos sebagai produk kreatif yang mendunia.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Laila Rahmi Batubara
JOIN US
JOIN US