Penuhi 5 Asupan Vitamin Ini biar Rambut Sehat dan Berkilau
Ilustrasi wanita dengan rambut indahnya (freepik)
Beauty

Penuhi 5 Asupan Vitamin Ini biar Rambut Sehat dan Berkilau

Makanan yang sehat untuk rambut

Selasa, 24 Maret 2020 21:46 WIB 24 Maret 2020, 21:46 WIB

INDOZONE.ID - Saat ini adalah waktu yang tepat untuk memperbaiki penampilan secara fisik. Kerja dari rumah memberikan orang-orang waktu yang lebih banyak untuk memerhatikan dirinya. Salah satunya membuat rambut terlihat indah dan menawan.

Menciptakan rambut yang indah tak harus selalu dengan produk perawatan yang mahal. Tapi bisa juga melalui makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Ada beberapa vitamin esensial dalam makanan yang dapat menutrisi rambut dan menghindarinya dari kerusakan. Berikut ulasannya seperti yang dilansir dari Pink Villa, Selasa (24/3/2020) :

1. Vitamin A

Holisctic Kenko
Vitamin A (Holistic Kenko)

Setiap sel dalam tubuh membutuhkan vitamin A agar berfungsi dengan baik, termasuk rambut juga. Vitamin A meningkatkan produksi sebum yang menjaga kulit kepala tetap lembap dan rambut sehat, mencegah rambut kering, dan menghilangkan ketombe. Makanan yang bisa dikonsumsi antara lain daging, susu, telur, daging unggas, ubi jalar, bayam, kangkung, labu, wortel, dan brokoli. 

2. Biotin (vitamin B)

Vitamin
Vitamin B (Abs News)

Vitamin B atau biotin disebut-sebut sebagai salah satu vitamin terbaik untuk pertumbuhan rambut. Ini membantu tubuh untuk melepaskan asam amino dengan memecah protein sehingga menguatkan rambut dan memperbaiki kerusakan seiring berjalannya waktu. Makanan yang bisa dikonsumsi adalah telur, almond, kembang kol, keju, jamur, ubi jalar, bayam, brokoli, kenari, salmon, babi, sereal, susu, dan sarden.

3. Vitamin C

Sumber vitamin c
Sumber vitamin (Schiff Vitamin )

Vitamin C membangun kolagen yang merangsang folikel dan mendorong pertumbuhan rambut. Vitamin C juga memecah zat besi yang memungkinkan oksigen dalam tubuh mentransfer ke berbagai bagian sehingga menjaga kesehatan rambut, kulit, dan kuku. Sumber makanan vitamin C adalah almond, bayam, brokoli, telur, kembang kol, keju, jamur, ubi jalar, alpukat, salmon, raspberry, roti gandum.


4. Vitamin D

Vitamin
Vitamin D (Tehran Times)

Vitamin D sangat bagus untuk perkembangan tulang dan gigi. Tetapi vitamin D juga meningkatkan daya tahan terhadap penyakit tertentu dan berpengaruh terhadap rambut. Kekurangan vitamin D dalam tubuh dapat menyebabkan rambut rontok. Untuk itu dapatkan sinar matahari alami serta konsumsi salmon, biji-bijian, jamur, keju, almond, sarden, kuning telur, oatmeal, sereal, kacang kedelai, susu kedelai, dan jus jeruk.

5. Vitamin E

Vitamin
Vitamin (Medical News Today)

Vitamin E memperkuat folikel rambut dengan mengedarkan oksigen ke kulit kepala. Vitamin ini melembapkan rambut serta mencegahnya kering dan tampak kusam. Selain itu, vitamin E merupakan vitamin terbaik untuk rambut halus dan berkilau. Makanan yang bisa dikonsumsi adalah bunga matahari, alpukat, mangga, kiwi, pistachio, minyak kedelai, zaitun, kacang tanah, kacang almond, hazelnut, brokoli, dan bayam.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU