The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kulit Kusam Bikin Resah? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya!
Ilustrasi kulit kusam (freepik.com)
Beauty

Kulit Kusam Bikin Resah? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Perawatan yang baik dapat membuat wajah lebih sehat

Jumat, 03 Juni 2022 16:10 WIB 03 Juni 2022, 16:10 WIB

INDOZONE.ID - Perawatan kulit yang kurang, seringnya terpapar polusi, hingga pengaruh pola hidup yang tidak sehat dapat membuat kulit kusam. Kulit yang kusam tentu akan membuat seseorang kurang percaya diri. 

Maka itu, permasalahn kulit ini perlu di atasi. Nah, INDOZONE, dalam hal ini merangkum beberapa hal mengenai cara mengatasi kulit kusam. Namun, sebelum itu, perlu diektahui penyebab terjadinya kulit kusam. 

Simak ulasannya yuk! 

Penyebab Kulit Kusam 

cara mengatasi kulit kusam
Ilustrasi kulit kusam (freepik.com)

Seperti yang disebutkan sebelumnya, penyebab kulit kusam bisa terjadi karena beberapa hal seperti polusi udara, kelelahan, kurang olahraga, kurang tidur, dan pengaruh pola hidup yang tidak sehat.

Namun, ternyata tidak hanya itu saja, kulit kusam juga bisa disebabkan oleh dehidrasi kulit, kurangkanya perawatan kulit menggunakan produk skincare, sel kulit mati yang menumpuk, efek penuaan, hingga kebiasaan merokok. 

Penyebab tersebut selain akan mengakibatkan kulit kusam, juga bisa menyebabkan kulit rusak dan berjerawat. 

Cara Mengatasi Kulit Kusam 

cara mengatasi kulit kusam
Ilustrasi cara mengatasi kulit kusam (freepik.com)

Setelah mengetahui penyebab kulit kusam, kamu perlu tahu cara mengatasi kulit kusam ini. Hal ini agar kulit kamu dapat kembali sehat dan bersinar kembali. Simak cara mengatasinya berikut ini. 

1. Rutin Eksfoliasi 

Eksfoliasi atau pengelupasan kulit dilakukan dengan tujuan agar sel kulit mati dan kotoran dapat musnah dari wajah, sehingga tampilan wajah dapat kembali halus, lembut, dan rata. 

Jika wajah sudah terasa lebih halus, lembut, dan memiliki tekstur dan warna kulit yang merata, maka kulit kusam telah teratasi. 

Perlu diketahui, eksfoliasi ini dapat kamu lakukan 1-2 kali saja seminggu. Hal ini menghindari kulit menjadi kering dan terkelupas. 

2. Pakai Serum 

Cara mengatasi kulit kusam selanjutnya adalah dengan memakai serum dengan kandungan Vitamin C, B3 (niacinamide), Asam ferulat, dan Resveratol. 

Serum dengan kandungan tersebut dipercaya dapat meningkatkan hidrasi, memudarkan hiperpigmentasi, membatalkan kerusakan kolagen akibat radikal bebas, mengurangi tanda-tanda penuaan yang merupakan dari penyebab kulit kusam. Selain itu, juga akan membuat kulit tampak lebih cerah. 

Selain kandungan tersebut, kamu juga bisa memakai serum dengan kandungan asam hialuronat, yang dapat melembapkan kulit secara mendalam dan mengikat air di lapisan permukaan kulit atau skin barrier

3. Gunakan Pelembap dan sunscreen 

Memakai pelembap dan sunscreen secara rutin juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi kulit kusam. Produk pelembap dapat memberikan kelembapan yang baik dan membuat wajah tampak lebih segar dan cerah. 

Produk pelembap yang biasanya dapat mengatasi kulit kusam adalah pelembap yang mengandung asam hialuronat dan gliserin sehingga dapat mencegah hilangnya kelembapan di kulit.

Di sisi lain, menggunakan sunscreen juga sama pentingnya dengan menggunakan pelembap. Hal ini karena pelembap dapat membuat kulit terlindungi dari kerusakan akibat sinar UV, seperti dispigmentasi kulit, bintik-bintik cokelat penuaan, tekstur kasar, dan kusam.

4. Masker Wajah 

Cara mengatasi kulit kusam lainnya dengan menggunakan masker wajah. Mengaplikasikan kulit wajah secara rutin dapat membuat kulit menjadi lebih lembut, kenyal, serta cerah. 

Masker wajah yang mengandung asam hialuronat, shea butter, atau bahan pelembap dan pencerah lainnya dapat kamu gunakan untuk menghilangkan kulit kusam. 

Pakai masker wajah rutin selama 1-3 hari dalam seminggu agar kulit kusam bisa teratasi dengan cepat. 

Demikian cara mengtasi kulit kusam yang dapat kamu ketahui. Pada dasarnya, menghilangkan kulit kusam tidak bisa dengan cepat, maka itu, kamu harus rutin dalam menggunakan produk skincare agar kulit kusam akan lebih cepat teratasi. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ikhsan
Ainal Zahra Nabila

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US