The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hadir Secara Virtual, Jakarta Fashion Week 2021 Rambah TikTok
Gelaran JFW 2020. (Instagram/jfwofficial)
Beauty

Hadir Secara Virtual, Jakarta Fashion Week 2021 Rambah TikTok

Fashion show virtual.

Sabtu, 21 November 2020 09:35 WIB 21 November 2020, 09:35 WIB

INDOZONE.ID - Gelaran Jakarta Fashion Week (JFW) akan kembali tahun ini pada 26-29 November mendatang. Namun karena digelar di tengah pandemi virus corona, JFW 2021 akan hadir secara virtual, bekerja sama dengan platform distribusi video singkat, TikTok.

Head of User and Content Operations, TikTok Indonesia, Angga Anugrah Putra mengatakan bahwa fashion kini sudah menjadi bagian dari TikTok. Diakuinya, banyak konten bertema fashion di TikTok yang menjadi viral.

"Ini jadi ajang yang dipakai brand ternama seperti LV, Dior, dan Prada untuk memperkenalkan dan juga merangkul fashion," ujar Angga dalam webinar Mendorong Revolusi Industri Fesyen di Platform Digital, Jumat (21/11/2020).

Melalui TikTok, Angga menyebut brand bisa menggunakannya tanpa harus mengubah perspektif yang diinginkan. Inilah yang membuat fashion dapat berevolusi di platform digital. Pada gelaran JFW 2021, TikTok akan menghadirkan fashion show virtual selama tiga hari.

"TikTok bekerja sama dengan JFW 2021 untuk merangkul perkembangan fashion di Tanah Air," lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Program Director Jakarta Fashion Week, Zornia Harisantoso mengatakan JFW 2021 digelar untuk mendorong industri fashion agar terus berkarya di tengah pandemi Covid-19.

BACA JUGA: Begini Peragaan Busana Madrid Fashion Week 2020 di Tengah Pandemi Corona

Berdasarkan laporan dari Bain & Company, kerugian bisnis fashion diprediksi akan mencapai sebanyak 60% akibat pandemi global. Di Indonesia sendiri, dampak pandemi sangat terasa bagi pemain di industri fashion yang berimbas pada penutupan toko fisik dan pemangkasan biaya marketing.

"Tidak hanya menginspirasi untuk terus berkreasi tapi juga ada aktivitas-aktivitas bentuknya macam-macam. Yang simpel adalah koleksi, berarti desainer perlu penjahit, jadi penjahit tetap bisa berkontribusi, masih dapat penghasilan. Konsumen juga punya pilihan yang banyak dan mereka juga membantu. Sirkulasinya terus bergerak, rantainya tidak terputus," kata Zornia.

Melalui platform digital, Zornia juga menyebut fashion menjadi borderless, sehingga kreativitas para desainer maupun pelaku industri fashion dapat dengan mudah viral sampai ke luar negeri.

"Bukan hanya borderless tapi juga accessible. Dulu mungkin fashion hanya buat yang merasa trendy atau yang punya DNA fashion. Sekarang fashion bisa untuk siapa saja. Karena semua orang punya preferensi sendiri," lanjut Zornia.

Di ajang JFW 2021 nanti, TikTok juga akan mengadakan fashion voting untuk memilih pemenang dari berbagai kategori seperti most stylish celebrity hingga most favorite male/female model.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Utami Evi Riyani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US