The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sering Dikira Sama, Ini 4 Perbedaan Sunscreen dan Sunblock!
Ilustrasi sunscreen (freepik.com)
Beauty

Sering Dikira Sama, Ini 4 Perbedaan Sunscreen dan Sunblock!

Sunscreen dan sunblock adalah dua hal berbeda

Selasa, 28 Juni 2022 11:49 WIB 28 Juni 2022, 11:49 WIB

INDOZONE.ID - Skincare yang berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar UV adalah tabir surya. Banyak orang yang sering menyebutnya sunscreen dan sunblock. Namun, apakah keduanya sama? 

Faktanya, sunscreen dan sunblock adalah dua hal berbeda. Perbedaan keduanya terlihat dari tekstur, kandungan, perlindungan, hingga cara pakainya. 

Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

perbedaan sunscreen dan sunblock
Sunscreen dan sunblock berbeda (freepik.com)

Untuk mengetahui perbedaan lebih lengkapnya, berikut perbedaan sunscreen dan sunblock yang dapat kamu ketahui. 

1. Memiliki Kandungan Berbeda 

Perbedaan sunscreen dan sunblock yang pertama adalah keduanya produk pelindung kulit dari sinar UV ini memiliki kandungan berbeda.

Sunscreen biasanya mengandung Octylcrylene, Avobenzone, Octinoxate, Octisalate, Oxybenzone, Homosalate, Helioplex, 4-MBC, Mexoryl SX dan XL, Tinosorb S dan M, Uvinul T 150, dan Uvinul A Plus. 

Sedangkan sunblock atau physical sunscreen biasanya mengandung mineral seperti Zinc Oksida dan Titanium Dioksida.

2. Perlindungannya Berbeda 

Baik sunscreen maupun sunblock, keduanya mampu melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Namun, cara kerja perlindungan keduanya yang menjadi perbedaan sunscreen dan sunblock

Sunscreen melindungi kulit dari sinar UV dengan cara menyerap sinar UV pada lapisan khusus yang dibentuk oleh produk sunscreen. Lapisan tersebut dibuat agar sinar UV yang menyoroti kulit tidak dapat menembus lapisan kulit. 

Sementara itu, sunblock bekerja dengan cara memantulkan sinar matahari yang menyoroti kulit. Lapisan yang dibentuk sunblock mampu menjadi tameng dari sinar berbahaya tersebut. 

3. Tekstur dan Cara Mengaplikasikan Berbeda 

Perbedaan sunscreen dan sunblock selanjutnya adalah pengaplikasiannya berbeda. 

Sunscreen yang memiliki tekstur ringan dan mudah menyerap pada kulit, dapat diaplikasikan dengan mudahnya tanpa perlu waktu lama untuk meresap. 

Sebaliknya, sunblock yang memiliki tekstur kental dan tebal, dibutuhkan waktu dalam pengaplikasikannya. Oleh karena itu, sunblock dianjurkan digunakan 15 menit sebelum beraktivitas agar dapat benar-benar terserap. 

4. Manfaat Keduanya Berbeda

Manfaat yang ada juga menjadi perbedaan sunscreen dan sunblock. Dilansir dari popmama.com, sunscreen bermanfaat untuk menghindari wajah dari paparan langsung sinar matahari, mencegah kanker kulit, mencegah penuaan dini dari sunscreen dengan SPF minimal 30, mencegah komedo, dan mencegah kulit terbakar. 

Adapun manfaat sunblock adalah menangkal efek buruk dari Sinar UVA dan UVB, membebaskan kulit dari rasa terbakar, memaksimalkan penyerapan nutrisi pada kulit, mengencangkan kulit, dan menjaga kelembapan alami kulit

Itulah beberapa perbedaan sunscreen dan sunblock yang dapat kamu ketahui. 

Lebih Baik Sunscreen atau Sunblock?

Perbedaan sunscreen dan sunblock
Perbedaan sunscreen dan sunblock (freepik.com)

Pada dasarnya, meskipun sunscreen maupun sunblock berbeda. Namun, keduanya dapat bekerja optimal dalam menjaga kulit dari sinar UV. Kamu tinggal melihat kandungan apa saja yang dibutuhkan oleh kulit pada saat itu. 

Jika ingin digunakan sehari-hari, sunscreen menjadi produk yang cocok untuk dipilih. Sedangkan, jika kamu akan menghabiskan waktu yang lama diluar, sunblock akan menjadi pilhan yang tepat. 

Satu hal yang perlu diperhatikan dari keduanya adalah kandungan SPF yang dimiliki. SPF yang tinggi dapat melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ikhsan
Ainal Zahra Nabila
JOIN US
JOIN US