Jangan Langsung Tergiur Harga Murah, Simak 4 Tips Beli Kosmetik Online
Ilustrasi belanja skincare online (STYLECASTER)
Beauty

Jangan Langsung Tergiur Harga Murah, Simak 4 Tips Beli Kosmetik Online

Jangan sampai salah.

Senin, 24 Februari 2020 11:24 WIB 24 Februari 2020, 11:24 WIB

INDOZONE.ID - Kemajuan teknologi membawa kemudahan di berbagai aspek kehidupan. Contohnya mendapatkan kebutuhan sehari-hari. Sekarang masyarakat tak harus selalu datang ke toko untuk membeli barang-barang keperluannya karena bisa didapatkan melalui online. Salah satu produk yang banyak dijual secara online adalah kosmetik.

Bukan hanya brand ternama, banyak pula industri rumahan yang memasarkan produk kosmetiknya lewat situs e-commerce maupun media sosial. Tak jarang masyarakat lebih tertarik membeli produk industri rumahan karena harganya lebih murah.

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan produk kosmetik yang dijual secara online merupakan produk abal-abal yang dibuat oleh oknum tak bertanggungjawab. Bukannya mempercantik, produk kosmetik tersebut malah mendatangkan masalah baru untuk kulit. Oleh karenanya, sebelum membeli produk kosmetik secara online, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin dari RS Pondok Indah-Puri Indah, dr Susie Rendra, Sp.KK, sebelum membeli produk kosmetik online, konsumen harus lebih dulu mengecek perusahaannya.


"Lihat siapa sih produsennya, perusahaan listed (terdaftar) atau enggak, atau malah perusahaan abal-abal. Paling susah itu kalau industri rumah tangga, sekarang 'kan banyak sekali orang yang membuat produk, cek lagi industri rumah tangganya terdaftar atau enggak," ujar dr. Susie saat ditemui dalam suatu acara di Jakarta beberapa waktu lalu.

Penjelasan skincare
Dokter spesialis kulit dan kelamin dari RS Pondok Indah-Puri Indah, dr Susie Rendra, Sp.KK. (INDOZONE/Maria Adeline Tiara)

Setelah mengecek produsen, selanjutnya adalah memeriksa kandungan bahan dalam kosmetik. Produk kosmetik yang mengandung bahan-bahan aman biasanya terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (Badan POM).



"Kalau aman, lihat ada (registrasi) BPOM-nya apa enggak. Kita mempercayai BPOM akan melindungi keamanan pengguna," ucap dr. Susie.

Selain itu, apabila produsen menggunakan bahan-bahan yang aman untuk produknya, maka ia berani menyebutkan.



"Kalau ditanya soal bahan-bahan dia enggak jawab, kita harus curiga karena dia nutup-nutupin," ucap dr. Susie.

Ilustrasi skincare (Freepik)
Ilustrasi skincare (Freepik)

Apabila dari ketiga unsur tersebut terpenuhi dan produk dirasa aman, tak ada salahnya untuk membeli. Hanya saja, sebelum pemakaian kosmetik secara rutin, cobalah uji skin selama beberapa hari. Sebab tak selamanya produk cocok di semua orang karena jenis kulit yang berbeda-beda.


"Coba dulu oleskan sedikit krim, biasanya di belakang telinga, punggung tangan, atau lipatan tangan selama kurang lebih 5-7 hari. Kalau tidak ada masalah silahkan lanjut digunakan. Tapi kalau ada reaksi iritasi, stop," tandas dr. Susie terkait tips menggunakan kosmetik aman.
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US