The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Wajah Berjerawat dan Kusam, Dijamin Hasilnya Puas
Ilustrasi Jerawat (FREEPIK)
Beauty

Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Wajah Berjerawat dan Kusam, Dijamin Hasilnya Puas

Ada 4 Cara

Selasa, 15 November 2022 13:35 WIB 15 November 2022, 13:35 WIB

INDOZONE.ID - Memiliki kulit bersih dan sehat tentu menjadi dambaan setiap orang. Namun, berbagai macam masalah kulit, terutama pada bagian wajah kerap dihadapi.

Salah satu masalah yang paling umum terjadi yakni timbulnya jerawat pada kulit berminyak. Faktor penyebab jerawat dapat disebabkan oleh beberapa hal, yakni infeksi bakteri Propionibacterium acnes, faktor genetik.

Kemudian faktor lingkungan, hormonal dan gaya hidup seperti merokok, mengkonsumsi minuman keras, stress, kurang tidur, asupan makanan yang kurang sehat dan lain sebagainya.

Baca Juga: Kulit Gak Glowing-glowing? Ternyata 4 Faktor Ini yang Buat Wajah Jadi Kusam

Setelah mengetahui faktor penyebab jerawat yang dialami, berikut ini ada ragam cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya, seperti yang dilansir dari Antara.

1. Rutin membersihkan wajah

Langkah pertama untuk mencegah timbulnya jerawat, khususnya pada kulit wajah yang cenderung berminyak adalah dengan mencuci wajah secara rutin maksimal 2 kali sehari menggunakan sabun khusus wajah.

Hal ini akan membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah sekaligus membantu membersihkan pori-pori dari resiko tersumbat akibat pemakaian kosmetik dan kotoran debu yang hinggap saat beraktivitas.

2. Menggunakan obat jerawat

Untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat, perlu juga kiranya untuk mengaplikasikan obat jerawat dalam bentuk krim, salep ataupun gel yang mengandung, asam salisilat, asam alfa hidroksi, dan sulfur.

Baca Juga: Pil KB Bisa Hilangkan atau Justru Jadi Penyebab Timbulnya Jerawat? Ini Penjelasannya

Namun jika penggunaan obat jerawat tersebut tidak membuahkan hasil maksimal dapat disarankan untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter.

3. Menerapkan gaya hidup sehat

Banyak di antara kita yang belum menyadari pentingnya menerapkan gaya hidup sehat untuk memperoleh kulit yang sehat. Para ahli setuju bahwa untuk mendapatkan kulit yang sehat, perlu untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

Selain itu, gaya hidup sehat perlu didukung dengan rutin berolahraga, tidak mengkonsumsi minuman keras dan tidak merokok.

4. Mengkonsumsi suplemen atau vitamin

Selain melakukan rangkaian perawatan kulit dari luar, penting juga kiranya untuk melakukan perawatan kulit dari dalam tubuh dengan mengonsumsi suplemen ya, Ladies!

Artikel Menarik Lainnya: 

TAG
Dewi Kania
Sarah Hutagaol
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US