The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini Tips Memilih Produk Skincare yang Perlu Kamu Ketahui
Ilustrasi menggunakan skincare. (Pexels/Shiny Diamond)
Beauty

Ini Tips Memilih Produk Skincare yang Perlu Kamu Ketahui

Jangan sembarangan pakai.

Sabtu, 17 Oktober 2020 18:37 WIB 17 Oktober 2020, 18:37 WIB

INDOZONE.ID - Rutin menggunakan skincare dianggap sebagai salah satu cara untuk mencintai diri sendiri. Skincare berfungsi untuk membuat kulit tetap sehat dan terhindar dari masalah-masalah kulit, seperti kulit kusam, komedo, atau jerawat.

Saat ini, ada banyak sekali jenis skincare yang ditawarkan di pasaran dengan kandungan dan fungsi yang berbeda-beda. Agar bisa mendapatkan produk skincare yang tepat untuk kulit wajahmu, berikut adalah beberapa hal yang perlu kalian ketahui. Apa saja?

1. Cari Tahu Informasi Produk Skincare yang Akan Digunakan

Memilih skincare
Ilustrasi skincare. (Pexels/Daria Shevtsova)

Sebelum memilih skincare, biasanya seseorang akan melakukan riset terlebih dahulu dengan melihat review dari orang lain yang sudah pernah menggunakan produk tersebut sebelumnya. Namun, kamu dan orang-orang tersebut belum tentu memiliki jenis kulit yang sama. Sehingga, kamu juga harus mencari tahu jenis kulitmu, lalu mencocokkannya dengan kandungan yang terdapat dalam produk skincare tersebut.

2. Pastikan Manfaatnya Sesuai dengan Kebutuhanmu

Memilih skincare
Ilustrasi menggunakan skincare. (Pexels/Shiny Diamond)

Kamu tak boleh asal saat membeli produk skincare hanya karena produk tersebut sedang jadi tren dan diminati oleh banyak orang. Misalnya saja kamu tertarik untuk menggunakan aloe vera gel dengan harapan kulit wajah jadi lebih cerah. Padahal, aloe vera gel hanya berfungsi untuk memberi kelembaban pada kulit wajah, bukan untuk mencerahkan.

Jadi, cari tahu terlebih dahulu fungsi dari setiap produk yang akan kamu beli, ya. Jangan sampai uang dan waktumu terbuang sia-sia hanya karena kamu tidak jeli saat membeli produk tersebut.

3. Tidak Membuat Produk Skincare Sendiri

Memilih skincare
Ilustrasi skincare. (Pexels/Karolina Grabowska)

Sebaiknya kamu tidak menggunakan produk skincare yang kamu buat sendiri meskipun dengan bahan-bahan alami. Sebab, tak semua bahan alami tersebut akan cocok dengan kulit wajahmu, apalagi jika kamu memiliki jenis kulit sensitif. Kamu harus lebih waspada terutama pada bahan-bahan yang bisa menyebabkan iritasi seperti cuka atau lemon.

4. Konsisten dan Sabar

Memilih skincare
Jerawat menggunakan skincare. (Pexels/Andrea Piacquadio)

Kamu harus benar-benar waspada jika skincare yang kamu gunakan bisa memberikan hasil secara instan. Skincare yang baik perlu waktu untuk bisa memberikan hasil secara maksimal. Sehingga kamu harus bersabar saat mencoba produk skincare baru, ya. Cobalah untuk tetap rutin menggunakan produk skincare tersebut selama kamu tidak mengalami tanda-tanda bahaya seperti iritasi. 

Namun, selain melakukan perawatan dari luar, kamu juga harus melakukan perawatan dari dalam. Berikan tubuhmu asupan gizi yang cukup, serta jangan lupa untuk tetap rutin mengonsumsi air putih setiap hari. Hindari kegiatan yang menguras waktu tidur, agar kamu bisa istirahat dengan cukup.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Utami Evi Riyani
Dita Rana
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US