The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Berawal dari Keresahan, Kakha Series Sukses Berbisnis di Masa Pandemi
Koleksi Kakha Series. (Dok. Kakha Series)
Beauty

Berawal dari Keresahan, Kakha Series Sukses Berbisnis di Masa Pandemi

Ini kisahnya.

Selasa, 11 Mei 2021 20:54 WIB 11 Mei 2021, 20:54 WIB

INDOZONE.ID - Program Modest Fashion Founders Fund (ModestFFFund) 2021 yang digagas oleh #Markamarie bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menghadirkan nama-nama baru dalam dunia bisnis fashion. Salah satunya adalah label Kakha Series.

Kepada Indozone, Co-founder Kakha Series, Teguh Wibowo menceritakan tentang bisnis yang dimulainya di masa pandemi Covid-19. Bisnis ini diawali dari keresahan ia dan sang istri, Juwairiyyah yang kesulitan mencari baju nyaman dan simpel untuk anaknya yang masih bayi.

Ditambah saat itu sang istri sudah keluar dari pekerjaannya untuk mengurus anak, tercetuslah ide untuk membuat baju anak.

Berawal dari Keresahan, Kakha Series Sukses Berbisnis di Masa Pandemi
Co-founder Kakha Series, Teguh Wibowo. (INDOZONE/Utami Evi Riyani)

"Saya bekerja, istri resign duluan mengurus anak tapi ingin beraktivitas. Tercetusah ide bikin baju anak. Sederhana saja, kalau nggak laku ya dipakai anak sendiri," kata Teguh kepada Indozone di Plataran, Senayan, belum lama ini.

Desain produk dilakukan oleh Juwairiyyah. Teguh mengaku untuk memulai bisnisnya, mereka berdua mencoba melakukan riset kecil-kecilan ke beberapa teman-temannya.

"Kami lakukan riset dulu produknya. Kira-kira mana produk yang bakalan laku di pasaran, didesain, dibuat sampelnya terus kita trial dulu ke beberapa teman-teman kita yang kira-kira jadi target market kami," lanjut Teguh.

Setelah memberikan sampel kepada beberapa orang, Teguh dan Juwairiyyah meminta masukan dari mereka tentang kekurangan dari produk tersebut.

Berawal dari Keresahan, Kakha Series Sukses Berbisnis di Masa Pandemi
Koleksi Kakha Series. (Dok. Kakha Series)

"Dari situ kami dapat feedback, 'kalau bisa produknya lebih gede', segala macam. Kami jual jadinya lebih menggunakan data-data yang lebih valid," ujar Teguh.

BACA JUGA: Franka Soeria Ungkap Bisnis Fashion Melonjak di Masa Pandemi

Saat produknya mulai dipasarkan pada awal Januari 2021, orang-orang mulai tertarik dengan produk Kakha yang fokus pada bisnis baju sarimbit keluarga muda dengan bayi usia nol sampai lima tahun.

"Dapat feedback yang bagus juga. Modal kita putar terus. Sampai akhirnya kita menyadari hampir setengah tahun pertama growing-nya cepat, ini kayaknya kalau nggak diseriusin sayang. Akhirnya saya resign dan membesarkan bisnis ini," lanjutnya.

Teguh menuturkan produknya kini sudah memiliki sertifikat SNI yang artinya aman digunakan bayi. Brand ini juga menjadi runner-up dalam program ModestFFFund 2021 dan menerima pembinaan pengembangan bisnis untuk pasar global.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Utami Evi Riyani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US