The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Memiliki Efek pada Rambut, Bolehkah Kita Berkeramas Setiap Hari?
Ilustrasi Mencuci Rambut. (Photo/Ilustrasi/Freepik)
Beauty

Memiliki Efek pada Rambut, Bolehkah Kita Berkeramas Setiap Hari?

Selasa, 23 Februari 2021 15:00 WIB 23 Februari 2021, 15:00 WIB

INDOZONE.ID - Mencuci rambut merupakan kebiasaan semua orang saat mandi. Beberapa orang memilih untuk mencuci rambutnya setiap hari, namun beberapa yang lain berpendapat jika hal tersebut dapat merusak rambut.

Lalu, benarkah melakukan keramas setiap hari membuat rambut rusak? Simak penjelasan berikut!

Tidak seperti kulit, membersihkan rambut perlu perawatan yang lebih khusus. Air memang dapat menyapu debu dan kotoran yang lain, namun tidak demikian untuk masalah bau dan minyak. Penggunaan sampo dapat menyingkirkan debu, kotoran serta bau dan minyak, membuat rambutmu menjadi lembap.

Baca Juga: Dituding Pelakor, Yuk Intip Deretan Baju Couple Nissa Sabyan dan Ayus yang Manis Banget!

Rambut yang lembap tidak mudah untuk rusak ataupun tampak kering dan menggimbal. Namun terlalu lembap dapat menyebabkan rambut tampak berminyak, lemas dan kotor.

Sampo bisa membersihkan rambutmu berkat adanya kandungan kimiawi bernama surfaktan dan sulfat. Surfaktan membuang kotoran yang ada di permukaan kulit kepala serta rambut.

Sedangkan sulfat menciptakan banyak busa yang mana dapat menghilangkan minyak dari rambut. Ini membantu rambutmu tampak lebih bersih, tapi terlalu banyak akan merusaknya.

Yang tidak menjadi masalah untuk dilakukan tiap hari adalah mencucinya dengan air. Air cukup untuk membersihkan kotoran dan debu di permukaan kepala.

Tetapi kembali lagi, itu semua adalah pilihanmu yang mana sangat bergantung dengan jenis rambutmu sendiri.

Rambut kering sering menjadi masalah tersendiri dan sering kali itu dialami oleh pemilik rambut keriting. Rambut kering juga sering didapatkan oleh mereka yang punya rambut tebal, mereka yang berumur, serta mereka yang rambutnya sering mendapatkan proses kimiawi, seperti sering mewarnai rambut.

Tidak mencuci rambut dengan sampo setiap hari malahan bisa memberikan banyak manfaat

Beberapa manfaat itu adalah rambutmu tampak lebih bersinar, lebih lembut dan alami, warna yang lebih terlihat baik dan bertahan lama, hingga jarang berketombe. Namun dalam kondisi tertentu, menggunakan sampo sangat disarankan, seperti terkena parasit atau kutu rambut. Itupun harus dengan sampo khusus dan tidak sembarangan.

TAG
Ferry Andika
Abdul Fattah

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US