Cara Alami Menghilangkan Ketombe di Kulit Kepala, Ampuh!
Ilustrasi ketombe di kulit kepala (medicalnewstoday.com)
Beauty

Cara Alami Menghilangkan Ketombe di Kulit Kepala, Ampuh!

Sabtu, 04 April 2020 18:51 WIB 04 April 2020, 18:51 WIB

INDOZONE.ID - Semua orang baik wanita maupun pria tentu mendambakan rambut indah dan kuat. Namun, apa jadinya kalau rambut justru sering rontok dan berketombe?

Ketombe di kulit kepala masih menjadi masalah rambut yang sangat mengganggu. Karena, ketombe akan membuat kepala terasa sangat gatal.

Apalagi, butir-butir putih seperti salju ini mudah terlihat di kepala, berjatuhan ke bahu dan menurunkan rasa percaya diri.

Untuk menghilangkan ketombe membandel memang bukan perkara mudah. Kebanyakan orang pun sudah melakukan berbagai cara, termasuk menggunakan sampo anti ketombe.

Namun terkadang upaya itu saja tidaklah cukup. Kamu perlu melakukan cara lain untuk mengusir ketombe di kulit kepala.

Cara Menghilangkan Ketombe di Kulit Kepala

Tanpa mengeluarkan biaya mahal, ada beberapa cara sederhana menghilangkan ketombe di kulit kepala yang dapat diterapkan.

Untuk lebih tau, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Keramas dan Bilas Rambut dengan Benar

mengatasi ketombe dengan keramas rambut
Ilustrasi keramas rambut (healthline.com)

Penyebab munculnya ketombe rata-rata disebabkan karena pemakaian sampo yang tidak sesuai dengan kondisi rambut dan kulit kelapa.

Namun ternyata, masalahnya bukan hanya itu. Cara keramas yang kurang tepat dan terkesan asal-asalan pun dapat memicu ketombe.

Tanpa disadari, sisa sabun atau sampo rambut ketika berkeramas bisa jadi menempel hingga kering mengerak dan membuat kepala menjadi gatal sekali.

Karena itulah, saat keramas cobalah membilas sampo sambil membuka sela-sela rambut sampai dirasa sudah bersih secara keseluruhan.

2. Konsisten pada Satu Produk Sampo

menghilangkan ketombe keramas dengan sampo
Ilustrasi keramas dengan sampo (health.clevelandclinic.org)

Seringkali gonta-ganti produk sampo sangat memungkinkan ketombe muncul di kulit kepala serta merusak struktur rambut.

Untuk menghilangkan ketombe itu, cara efektif yang dapat dilakukan yaitu konsisten pada satu merek produk sampo yang dirasa cocok.

3. Hindari Ikat Rambut saat Basah

menghilangkan ketombe membandel dalam rambut
Ilustrasi rambut basah (usatoday.com)

Bukan cuma memperhatikan cara keramas yang baik saja, tips mengusir ketombe membandel juga bisa dimulai dari kebiasaan sederhana.

Salah satunya, mulai sekarang hindari kebiasaan mengikat rambut saat masih basah. Biarkan dulu rambut benar-benar kering setelah keramas.

Selain mengatasi ketombe, cara ini juga penting untuk menghindari tekstur rambut menjadi patah, bercabang, dan rontok.

Cara Alami Menghilangkan Ketombe di Kulit Kepala

Selain cara di atas, menghilangkan ketombe di kulit kepala juga bisa menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan, lho.

Berikut ini beberapa cara alami menghilangkan ketombe di kulit kepala, sebagaimana dirangkum Indozone dari berbagai sumber:

1. Menghilangkan Ketombe dengan Baking Soda

cara alami menghilangkan ketombe dengan baking soda
Baking soda (Pexels/Kaboompics.com)

Cara pertama mengatasi ketombe di kulit kepala yaitu menggunakan baking soda untuk melawan jamur penyebab ketombe di kulit kepala.

Kamu pun bisa langsung mempraktikkannya di rumah. Caranya tidak terlalu sulit, kok. 

Kamu hanya perlu membasahi rambut dan taburkan satu sendok makan baking soda secara merata pada bagian kulit kepala.

Diamkan selama beberapa menit sampai baking soda meresap ke kulit kepala. Jika sudah, bilaslah baking soda hingga bersih.

2. Menghilangkan Ketombe dengan Gula Pasir

menghilangkan ketombe dengan gula pasir
Gula pasir (Pexels/mali maeder)

Belum banyak yang tau kalau gula pasir ternyata dapat mengatasi ketombe membandel. Gula pasir berfungsi untuk eksfoliasi kulit kepala.

Eksfoliasi merupakan pengangkatan sel kulit mati pada permukaan wajah atau kulit.

Kamu dapat lakukan eksfoliasi dalam waktu berkala untuk mengangkat sel kulit mati. Kalau sel kulit mati sudah menumpuk, selain ketombe, kamu juga dapat mengalami masalah rambut lepek bahkan rontok.

Lantas, bagaimana cara pengaplikasian gula tersebut? Sebelumnya, kamu harus menyiapkan gula pasir dan olive oil terlebih dahulu. 

Cara membuatnya cukup mudah. Campurkan gula, olive oil (minyak zaitun), dan sedikit garam hingga merata sampai seperti scrub.

Setelah itu, aplikasikan scrub yang sudah jadi tersebut ke kulit kepala sambil dipijat dengan gerakan melingkar menggunakan jari tangan.

Lalu, diamkan selama kurang lebih satu jam sampai kandungan gula dan olive oil itu meresap. Kemudian, bilas hingga bersih.

Untuk membuat rambut lebih bersih, kamu bisa menggunakan sampo. Supaya hasilnya memuaskan, disarankan melakukan cara ini setidaknya dua kali seminggu.

3. Menghilangkan Ketombe dengan Jeruk Nipis atau Lemon

alami menghilangkan ketombe dengan lemon
Ilustrasi lemon (Pexels/Lisa Fotios)

Jeruk nipis atau lemon juga dipercaya mampu menghilangkan ketombe dengan cepat. Karena, lemon memiliki kandungan asam untuk membasmi jamur penyebab ketombe secara alami.

Caranya, siapkan dua sendok makan perasan lemon. Lalu, balurkan secara merata ke kulit kepala yang berketombe dan diamkan sebentar.

Sambil menunggu perasan lemon meresap, kamu bisa menyiapkan satu sendok perasan lemon dan satu gelas air untuk membilas rambut.

4. Menghilangkan Ketombe dengan Cuka Apel

menghilangkan ketombe dengan cuka apel
Cuka apel (health.clevelandclinic.org)

Cuka apel memiliki banyak manfaat, salah satunya mampu membunuh jamur penyebab ketombe dan meredakan rasa gatal di kulit kepala.

Untuk menggunakannya, kamu perlu mencairkan cuka dengan air bersih. Lalu, gunakan campuran tersebut sebagai pengganti sampo kamu.

5. Menghilangkan Ketombe dengan Minyak Kelapa

menghilangkan ketombe dengan minyak kelapa
Ilustrasi minyak kelapa (darshnaturals.com)

Tips mengatasi ketombe membandel bisa dengan memanfaatkan minyak kelapa. Caranya sungguh mudah, kamu tinggal oleskan cairan minyak kelapa ke kulit kepala hingga merata.

Diamkan selama satu malam dan bilas keesokan harinya. Untuk hasil maksimal, lakukan tips ini secara rutin sekiranya 2 kali dalam seminggu.

6. Menghilangkan Ketombe dengan Bawang Putih

cara alami menghilangkan ketombe dengan bawang putih
Bawang putih (Pexels/Buenosia Carol)

Kandungan alicin terdapat dalam bawang putih. Senyawa antijamur alami inilah yang dipercaya mampu menyingkirkan ketombe.

Selain sebagai bumbu masakan, bawang putih bisa diaplikasikan di kulit kepala. Tapi jangan lupa untuk mencuci rambut setelahnya supaya rambut tidak berbau menyengat.

7. Menghilangkan Ketombe dengan Pisang

cara menghilangkan ketombe dengan buah pisang
Ilustrasi buah pisang (Pexels/Juan Salamanca)

Buah pisang kaya akan vitamin B6 dan mineral seperti zinc, potassium, dan zat besi. Selain itu, pisang juga mengandung asam amino dan antioksidan tinggi.

Semua nutrisi itu berperan penting untuk mengatasi ketombe. Selain dimakan langsung, pisang dapat dijadikan masker rambut untuk mengatasi ketombe.

8. Menghilangkan Ketombe dengan Lidah Buaya

alami menghilangkan ketombe dengan lidah buaya
Lidah buaya (medicalnewstoday.com)

Cara lain yang dapat kamu aplikasikan untuk mengatasi masalah rambut berketombe yaitu dengan menggunakan lidah buaya.

Pengaplikasiannya tidak sulit. Pertama, kamu perlu menyiapkan 2-3 buah lidah buaya dan 3-4 tetes minyak kayu putih.

Kemudian, potonglah lidah buaya secara vertikal untuk mengambil gel dari lidah buaya. Letakkan di dalam mangkuk, lalu blender.

Setelah diblender, campurkan tetesan minyak kayu putih ke dalam gel lidah buaya yang sudah di blender tersebut. 

Oleskan ke kulit kepala hingga ujung rambut. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilaslah dengan air hangat sampai bersih.

Lidah buaya juga bisa dimanfaatkan sebagai obat penghilang ketombe dengan tambahan bahan-bahan lainnya, sebagai berikut:

Lidah Buaya dan Yoghurt

Campuran lidah buaya dengan yogurt dipercaya efektif menghilangkan ketombe. Caranya, kamu perlu mencampurkan beberapa sendok yogurt dengan gel lidah buaya.

Selanjutnya, balurkan campuran tersebut ke semua bagian kulit kepala dan rambut, pijat dan diamkan selama 30 menit. Lalu, bilas dengan air bersih.

Lidah Buaya dan Lemon

Lemon dipercaya mampu menghilangkan ketombe dengan manjur. Untuk hasil maksimal, kamu bisa mencampurkan lemon sebanyak 1/2 cangkir ukuran sedang.

Campurkan lemon dengan gel lidah buaya hingga teksturnya seperti pasta. Oleskan pada rambut dan diamkan selama satu jam. Bilas dengan air dingin, kemudian keringkan rambut.

Lidah Buaya dan Santan

Santan juga memiliki khasiat baik untuk atasi rambut rontok dan membuatnya menjadi lebih halus.

Caranya mudah, kamu hanya perlu mencampurkan lima sendok santan murni dengan gel lidah buaya secukupnya.

Oleskan pada kepala dan bagian rambut. Diamkan selama satu jam. Lalu, bilas dengan menggunakan air bersih.

Lidah Buaya dan Garam

Tak ketinggalan, air garam juga bermanfaat untuk menghilangkan ketombe. Pertama, kamu perlu menyediakan secangkir air garam, lalu mencampurkannya dengan gel lidah buaya.

Selanjutnya, oleskan campuran lidah buaya dan air garam tersebut ke rambut dan kulit kepala. Diamkan beberapa saat dan kembali bilas dengan bersih menggunakan sampo.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka

Rizka

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US