The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tips Hilangkan Ketombe Secara Alami dengan Konsumsi Makanan Ini
Ilustrasi rambut berketombe. (Ilustrasi.revalid.com)
Beauty

Tips Hilangkan Ketombe Secara Alami dengan Konsumsi Makanan Ini

Kamis, 06 Februari 2020 15:56 WIB 06 Februari 2020, 15:56 WIB

INDOZONE.ID - Salah satu masalah rambut yang menimpa banyak orang baik pria maupun wanita adalah ketombe. Apalagi saat mengenakan pakaian berwarna gelap, ketombe akan kelihatan semakin jelas berjatuhan di baju.

Selain mengganggu keindahan, ketombe juga menyebabkan rasa gatal di kepala. Kamu bisa mengatasinya dengan memakai shampo anti ketombe. Namun itu saja terkadang tidak cukup, harus dilakukan juga perawatan dari dalam tubuh.

Ternyata ketombe juga ada hubungannya dengan pola makan. Berikut makanan yang mampu untuk menyingkirkan ketombe yang membandel.

1. Pisang

pisang
Ilustrasi/Unsplash/@shootdelicious

Buah pisang kaya akan vitamin B6 dan mineral seperti zinc, potassium, dan zat besi. Selain itu, pisang juga kaya asam amino dan antioksidan. Semua nutrisi ini berperan penting untuk mengatasi ketombe.  Selain dimakan secara langsung, pisang juga dapat dijadikan masker rambut untuk mengtasi ketombe.

2. Bawang Putih

bawang putih
Ilustrasi/Unsplash/@mab_studio

Kandungan alicin terdapat dalam bawang putih. Senyawa antijamur alami ini bisa menyingkirkan ketombe. Bawang putih bisa dijadikan bumbu masakan atau diaplikasikan di kulit kepala. Jangan lupa untuk mencuci rambut setelahnya supaya rambut tidak berbau menyengat.

3. Jahe

jahe
Ilustrasi/Unsplash/@chapelbeach

Jahe bersifat anti bakteri dan anti jamur. Ini baik untuk mengatasi ketombe. Selain itu jahe juga sangat baik untuk pencernaan. Jika pencernaan sudah sehat maka masalah ketombe bisa berkurang.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Laila Rahmi Batubara
JOIN US
JOIN US