The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

2 Skincare yang Harus Kamu Gunakan Setelah Pakai Retinol, Apa Saja?
Ilustrasi skincare setelah retinol (freepik.com)
Beauty

2 Skincare yang Harus Kamu Gunakan Setelah Pakai Retinol, Apa Saja?

Jangan di skip!

Kamis, 18 Agustus 2022 10:56 WIB 18 Agustus 2022, 10:56 WIB

INDOZONE.ID - Retinol merupakan salah satu kandungan skincare yang populer digunakan untuk regenerasi kulit wajah. Bahan aktif ini termasuk skincare yang kuat dan perlu cara khusus dalam mengaplikasikannya. 

Cara tepat menggunakan retinol adalah malam hari dan baik dipakai 2 hingga 3 kali seminggu atau setiap hari jika kulit sudah mengenal dengan baik kandungan yang cukup kuat ini. 

Tak hanya penggunaannya saja yang perlu diperhatikan, melainkan setelah pemakaian juga perlu diperhatikan. Terdapat dua skincare wajib yang harus kamu gunakan setelah memakai retinol. Berikut skincare tersebut. 

Skincare Wajib Setelah Retinol 

retinol
Ilustrasi skincare setelah memakai retinol (freepik.com)

Setelah memakai retinol pakai skincare yang mengandung hidrasi tinggi juga tabir surya menjadi penting adanya. Ini karena penggunaan kedua skincare tersebut akan menjaga hidrasi serta barrier kulit, mengingat retinol mampu membuat kulit cepat breakout. Oleh karenanya, dua skincare ini wajib gunakan setelah memakai retinol. 

1. Pelembap (Moisturizer) 

Memakai pelembap atau moisturizer setelah memakai retinol adalah wajib hukumnya. Ini karena retinol cenderung membuat kulit menjadi kering dan purging, mengingat kandungan ini berfungsi untuk regenerasi kulit dan mencegah penuaan. 

Moisturizer tersebut bisa kamu pakai sesudah memakai retinol, namun jika kamu memiliki kulit yang sangat sensitif, kamu bisa menggunakan moisturizer terlebih dahulu, lalu layer lagi dengan moisturizer setelahnya. 

Ini dilakukan pada semua tipe kulit agar hidrasi tetap terjaga dan juga wajah tak akan mudah iritasi. Pakai moisturizer di pagi dan malam hari. 

2. Sunscreen 

Retinol yang kamu pakai dimalam hari, tentu akan menyerap dan bekerja semalaman untuk membuat wajah kamu lebih sehat, juga terhindar dari penuaan. 

Karena kerja yang keras tersebut, saat bangun di pagi hari, kamu dianjurkan untuk memakai sunscreen setelahnya.  Berdasarkan riset dari International Journal of Pharmaceutics (2015) dinyatakan bahwa retinol adalah zat photolabile atau zat untuk perawatan kulit namun seringkali mudah rusak karena paparan sinar matahari. 

Oleh karenanya, kandungan ini bisa pecah atau rusak ketika terkena sinar matahari langsung. Jadi, kamu perlu menggunakan sunscreen dengan minimal SPF 30, serta diaplikasikan ulang secara berkala. 

Manfaat Memakai Retinol 

retinol
Ilustrasi memakai retinol (freepik.com)

Pada dasarnya, memakai retinol memiliki banyak manfaat, diantaranya mengobati jerawat, mencegah keriput akibat penuaan, mengendalikan gejala psoriasis, dan menghilangkan milia. 

Tak hanya itu, retinol juga bermanfaat untuk retinol juga bermanfaat untuk memperbaiki tekstur kulit dan mengatasi rosacea atau warna kulit kemerahan. Oleh sebab itu, retinol terkenal sebagai skincare yang dapat meregenerasi kulit menjadi lebih sehat. 

Itulah beberapa skincare yang wajib kamu gunakan setelah memakai retinol. Jika kamu ingin memakai retinol, kamu bisa memulainya dari konsistensi yang rendah terlebih dahulu. Kamu bisa menemukan kandungan ini di berbagai skincare. Pemula bisa pakai dari toner terlebih dahulu. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ikhsan
Ainal Zahra Nabila
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US