The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini  5 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah, Pakai Sunscreen!
Ilustrasi flek hitam (freepik.com)
Beauty

Ini 5 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah, Pakai Sunscreen!

Flek hitam dapat dihilangkan secara perlahan

Jumat, 10 Juni 2022 16:26 WIB 10 Juni 2022, 16:26 WIB

INDOZONE.ID - Dari sekian banyak masalah pada kulit wajah, flek hitam adalah salah satu yang cukup parah. Flek hitam dapat terjadi karena beberapa penyebab dan hal ini juga dapat timbul di beberapa area, seperti pipi, hidung, bawah mata, hingga pipi. 

Jika sudah timbul flek hitam di wajah, tentu ada rasa ingin menghilangkan flek hitam di wajah. Ini karena flek hitam sering membuat diri tidak percaya diri. 

Maka itu, INDOZONE merangkum beberapa cara menghilangkan flek hitam. Namun, sebelum itu mari ketahui penyebab munculnya flek hitam. 

Penyebab Munculnya Flek Hitam 

cara menghilangkan flek hitam di wajah
Ilustrasi flek hitam (freepik.com)

Flek hitam atau noda hitam atau bintik gelap pada kulit dapat terjadi karena beberapa hal, diantaranya, sinar matahari, perubahan hormon, peradangan kulit, efek samping obat, dan iritasi produk. Adapun penyebab lainnya yaitu efek penyakit, seperti diabetes. Penyakit ini dapat memicu bintik-bintik pada kulit. 

Cara Menghilangkan Flek Hitam 

cara menghilangkan flek hitam di wajah
Ilustrasi flek hitam (freepik.com)

Pada dasarnya, flek hitam bisa dihilangkan. Namun, hal ini membutuhkan waktu sekitar 6 sampai 12 bulan. Maka itu, dalam memudarkannya perlu kesabaran tertentu. Untuk menghilangkan flek hitam secara alami, kamu bisa mengikuti 5 cara ini:

  1. Rutin mencuci muka dua kali sehari pakai pembersih wajah
  2. Mencuci muka setelah berolahraga dan berkeringat basah. 
  3. Gunakan produk masker wajah untuk menghilangkan kotoran dan sel kulit mati. Gunakanlah masker wajah dengan bahan dasar charcoal atau mugworth. Ini karena kedua kandungan tersebut cukup ampuh dalam melawan sel kulit mati penyebab flek hitam
  4. Pakai produk penyamar pori-pori.
  5. Pakai sunscreen

Itulah cara menghilangkan flek hitam yang dapat kamu ketahui. Selain mengikuti cara di atas, bentuklah pola hidup sehat, jadi wajah akan lebih terawat dan terhindar dari flek hitam. 

Bahan Alami Untuk Menghilangkan Flek Hitam 

cara menghilangkan flek hitam di wajah
Ilustrasi bahan alami (freepik.com)

Selain lima cara di atas, adapun cara menghilangkan flek hitam lainnya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti teh hijau dan lidah buaya.

Teh hijau dapat melindungi kulit dari radiasi ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB) yang berbahaya. Kamu bisa menggunakan teh hijau ini dengan cara memakai masker. Caranya adalah dengan mengoleskan teh hijau bekas minum pada wajah. 

Di sisi lain, lidah buaya dapat mengurangi bintik hitam dan dapat mencerahkan kulit. Bahan alami yang menjadi cara menghilangkan flek hitam ini dapat digunakan dengan cara mengambil gel-nya yang terkandung dalam lidah buaya. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ikhsan
Ainal Zahra Nabila
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US