The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Teknik Retinol Sandwich Jadi Tren Kecantikan, Yuk Intip Manfaat dan Aturan Pakainya!
Ilustrasi serum retinol (Freepik)
Beauty

Teknik Retinol Sandwich Jadi Tren Kecantikan, Yuk Intip Manfaat dan Aturan Pakainya!

Bermanfaat.

Kamis, 22 September 2022 16:00 WIB 22 September 2022, 16:00 WIB

INDOZONE.ID - Retinol merupakan bahan senyawa yang terkandung dalam produk perawatan anti-aging. Retinol punya banyak manfaat dan ada aturan pakainya loh, yakni dengan teknik Retinol sandwich

Masih gak tau apa itu Retinol sandwich? Yuk, simak penjelasannya!

Retinol sandwich merupakan teknik perawatan kulit yang tengah tren dengan mengaplikasian produk retinol berlapis di antara dua aplikasi pelembap, dapat diterapkan pada semua jenis kulit. Teknik ini bisa dilakukan pada kulit sensitif atau kering, karena akan melembapkan kulit dengan membantu mengurangi efek iritasi dari retinol, seperti yang dilansir dari skincare.com.

Baca Juga: Punya Banyak Manfaat, Skincare dengan Bahan Retinol Ternyata Jadi Incaran!

“Teknik ini juga dapat membantu kulit berminyak di musim dingin untuk mencegah iritasi, dan bahkan kulit kombinasi bisa merasakan manfaat karena area yang lebih kering dapat memicu munculnya jerawat,” ucap dr. Michele Farber, ahli dermatologi dari Schweiger Dermatology Group di Philadelphia, AS.

Teknik Retinol sandwich dapat memberikan hidrasi yang dibutuhkan oleh kulit, berbeda dengan retinoid yang tujuannya adalah mengobati jerawat dan memberikan tampilan kulit yang lebih muda. 

retinol
Ilustrasi wanita menggunakan serum retinol (Freepik)

Dalam dunia perawatan kulit, penggunaan pelembap setelah retinoid merupakan hal yang penting guna membantu mengurangi dan menghindari kulit kering, loh. Tapi, gak semua orang perlu melembapkan sebelum dan sesudah mengoleskan retinoid kok, terutama mereka yang memiliki kulit berminyak dan berada di cuaca yang lembap.

dr. Marchbein menjelaskan hanya membutuhkan tiga produk sederhana yang mencakup cleanser, moisturizer, dan retinol. Apa saja step dari Retinol sandwich?

1. Mencuci Wajah

Pertama-tama, cuci wajah dengan pembersih yang lembut.

2. Gunakan Pelembap

Lalu oleskan krim pelembap yang mengandung bahan seperti glycerin, dimethicone, petrolatum, ceramides dan hyaluronic acid.

3. Aplikasikan Retinol

Selanjutnya, aplikasikan produk retinol. Saat mengaplikasikan retinol, hindari area sensitif seperti kelopak mata dan sudut mulut. Kemudian,tambahkan pelembap bebas minyak di atasnya.

Pelembap lapisan kedua ini dapat berupa formula yang sama dengan yang digunakan untuk lapisan pertama atau yang lebih kental, tergantung pada seberapa banyak hidrasi yang dibutuhkan kulit.

Baca Juga: 2 Skincare yang Harus Kamu Gunakan Setelah Pakai Retinol, Apa Saja?

Teknik perawatan kulit retinol sandwich dapat dipraktikkan setidaknya tiga kali dalam seminggu, dengan memberikan hasil kulit yang ternutrisi dan terisi. Namun, jika retinol merupakan bahan yang dihindari, kamu bisa menggunakan alternatif lain seperti bakuchiol untuk hasil kilau yang serupa tanpa risiko kulit terbakar.

Gimana? Tertarik untuk mencoba teknik Retinol sandwich? 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Gema Trisna Yudha
Marghareta Anandya
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US