The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Shampo Kuda Diklaim Dapat Memanjangkan Rambut, Benarkah?
Ilustrasi memakai shampo kuda (freepik.com)
Beauty

Shampo Kuda Diklaim Dapat Memanjangkan Rambut, Benarkah?

Shampo ini awalnya untuk surai kuda

Rabu, 06 Juli 2022 11:48 WIB 06 Juli 2022, 11:48 WIB

INDOZONE.ID - Dari sekian banyak shampo yang terjual di pasaran, shampo kuda menjadi salah satu shampoo yang populer. Shampo ini menjadi tren perawatan rambut pada tahun 2014 silam.

Banyak orang percaya, dengan memakai shampo kuda, rambut akan menjadi lebih panjang dan tebal seperti surai kuda. Tak hanya panjang dan tebal, shampo kuda juga dipercaya dapat membuat rambut menjadi lebih kuat dan berkilau. 

Lantas, benarkah manfaat tersebut? berikut ulasannya. 

Mengenal Shampo Kuda 

Shampo kuda
Shampo kuda dapat membuat rambut panjang (freepik.com)

Untuk mengetahui apakah klaim manfaat shampo kuda tersebut benar atau tidak, kamu perlu mengatahui apa itu shampo kuda terlebih dahulu. 

Shampo kuda adalah shampo yang pada awalnya diformulasikan khusus untuk kuda. Ini karena surai kuda memang perlu perhatian khusus agar nilai jualnya semakin meningkat. 

Pada kuda, shampo ini terbukti dapat memanjangkan dan menebalkan. Maka itu, pemakaian pada manusia diharapkan menimbulkan efek yang sama. Faktnya, hal tersebut benar terjadi. Berbagai efek baik ditimbulkan pada rambut manusia setelah memakai shampo kuda ini. 

Kandungan Shampo Kuda 

 shampo kuda
Ilustrasi kandungan shampo kuda (freepik.com)

Dilansir dari hellosehat.com, produk shampo dipasaran pada dasarnya mengandung air sekitar 80 hingga 90 persen. Sisanya adalah senyawa kimia. Komposisi tersebut juga merupakan komposisi shampo kuda. 

Senyawa kimia yang terkandung dalam shampo kuda inilah yang memberikan manfaat panjang dan tebal bagi rambut. Beberapa kandungan yang ada pada shampo kuda adalah sebagai berikut. 

  • Keratin, yang membantu menumbuhkan rambut 
  • Asam amino, yang membantu mempertahankan kutikula rambut
  • Provitamin B5 atau Panthenol, yang membantu melembapkan rambut 
  • Pyrithione zinc, yang membantu masalah kulit kepala, seperti ketombe, psoriasis, dermatitis seboroik, dan lainnya. 
  • Benzalkonium klorida, yang membantu melawan jamur 

Dari segala kandungan tersebut, yang menjadikan klaim shampo kuda dapat memanjangkan rambut diperoleh dari kandungan asam amino, yang mana kandungan tersebut berasal dari minyak biji bunga matahari, minyak zaitun, dan minyak alpukat yang dapat menutrisi rambut. 

Benarkah Klaim Khasiat Shampo Kuda Tersebut?

 shampo kuda
Ilustrasi rambut panjang memakai shampo kuda (freepik.com)

Nyatanya, klaim manfaat shampo kuda tersebut bukan sekedar klaim saja, beberapa orang yang memakainya telah menunjukan bahwa shampoo tersebut bisa memanjangkan rambut. 

Alhasil, sampo yang semula untuk hewan ini ternyata menghasilkan khasiat sama. Itu sebabnya, sampo kuda kini laris manis di pasaran hingga kini. 

Selain dapat memanjangkan rambut, shampo kuda juga dapat menumbuhkan rambut, memperbaiki rambut yang bercabang, mencegah kerusakan rambut, membantu rambut lebih lembut dan berkilau, melindungi warna rambut, dan mencegah rambut lepek.

Mesikpun manfaat shampo kuda tersebut telah dirasakan banyak orang, namun hingga saat ini belum ada penelitian yang cukup kuat untuk membuktikan manfaat shampo kuda tersebut. 

Shampo Kuda Miliki Efek Samping 

shampo kuda
Ilustrasi efek samping dari shampo kuda (freepik.com)

Ketika shampo kuda yang awalnya diproduksi khusus untuk kuda ini dipakai manusia, tentu bukan berarti tak menimbulkan efek samping. 

Mengutip halodoc.com, efek samping tersebut diantaranya menjadikan rambut menjadi lebih mudah kering, rambut akan mengembang, utamanya bagi yang memiliki rambut keriting, dan warna rambut cepat pudar apabila rambut diwarnai.

Selain itu, efek samping lainnya adalah rambut akan mudah rusak karena terpapar keratin terus-menerus dan kulit kepala akan lebih mudah gatal dan muncul ruam karena kandungan benzalkonium klorida.

Oleh karenanya, jika ingin menggunakan shampo kuda, sebaiknya pakai sedikit demi sedikit terlebih dahulu untuk melihat efek yang ditimbulkan. Jika tak menimbulkan efek samping merugikan, kamu bisa melanjutkan memakai shampo ini.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ikhsan
Ainal Zahra Nabila

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US