The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Cantik Tanpa Merusak Bumi, Yuk Beralih ke Vegan Skincare!
Ilustrasi cantik menggunakan vegan skincare (Pixabay/Goodboy Picture Company)
Beauty

Cantik Tanpa Merusak Bumi, Yuk Beralih ke Vegan Skincare!

Merawat diri dan merawat bumi.

Jumat, 14 Januari 2022 09:40 WIB 14 Januari 2022, 09:40 WIB

INDOZONE.ID - Kita tentu tahu beberapa produk kecantikan ataupun perawatan kulit mengandung bahan aktif yang diambil dengan cara eksploitasi. Entah itu eksploitasi secara tenaga kerja maupun eksploitasi kekayaan alam.

Oleh sebab itu, para ahli telah mencari cara baru untuk mengurangi dampak tersebut. Salah satunya dengan konsep vegan.

Ya, vegan ternyata tidak hanya soal makanan. Urusan produk perawatan kulit alias produk skincare pun juga bisa vegan.

Mengutip dari Vogue, vegan skincare atau skincare vegan adalah produk atau perawatan kulit yang proses pembuatannya menghindari bahan-bahan hewani.

 skincare vegan (Pixabay/Goroda)
Ilustrasi skincare vegan (Pixabay/Goroda)

Sebenarnya, bahan-bahan produk skincare memang tidak terbuat dari hewan langsung. Akan tetapi, ada beberapa produk skincare yang menggunakan bahan turunan dari  hewan, seperti susu dan madu. Bahan-bahan seperti itulah yang dihindari dalam skincare vegan.

Skincare vegan sendiri diyakini memiliki banyak manfaat. Dengan menggunakan produk vegan atau tidak melibatkan produk hewani, lingkungan lebih terjamin kelestariannya.

Baca juga: Cantiknya Shalika Aurelia, Pesepak Bola Putri Indonesia Pertama yang Masuk Klub Eropa

Pasalnya, produk hewani meninggalkan banyak jejak karbon pada proses industrinya. Selain itu butuh area luas, sumber daya dan energi besar dalam pengolahannya.

Dalam bidang kecantikan sendiri, skincare vegan sangat membantu perawatan bagi pemilik kulit sensitif. Sebab pada kulit sensitif bahan-bahan hewani bisa membuat kondisi wajah semakin kering dan dapat menyumbat pori-pori di wajah.

Namun, bukan berarti perawatan kulit nonvegan tidak baik dan perawatan dari vegan adalah yang paling baik. Pasalnya spesialis kecantikan, dr. Sepriani T. Limbong menyebut ada kelebihan dan kekurangan dari setiap produk.

Hal itu kembali lagi ke kondisi dan kebutuhan kulit setiap individu. Namun, dia menambahkan, vegan skincare bisa jadi lebih baik daripada animal product, khususnya bagi kulit sensitif karena mudah diserap.

Selain itu, studi dari International journal of molecular sciences, mengungkap ada keunggulan tersur dari minyak berbasis tumbuhan dibandingkan dengan minyak hewani yang digunakan dalam produk skincare.

vegan skincare (Pixabay/puhimec)
Ilustrasi vegan skincare (Pixabay/puhimec)

Di mana minyak natural seperti jojoba oil dan borage seed oil sangat baik digunakan sebagai pelembab bagi orang yang memiliki kondisi eksim. Eksim sendiri merupakan gangguan pada kulit yang ditandai dengan kulit kering, gatal, dan munculnya ruam merah.

Oleh sebab itu saat ini ada baiknya kita beralih ke skincare vegan yang memiliki banyak manfaat dan juga ramah terhadap lingkungan. Kita bisa mulai mengganti produk perawatan berbasis hewani dengan vegan skincare.

Namun sebelumnya,kita harus tahu kandungan apa saja yang perlu dihindari karena termasuk dalam bahan hewani. Sebab, ada saja produk vegan yang masih menambahkan bahan hewani dalam porsi kecil Mengutip dari Upcirclebeauty, kandungan itu antara lain:

1. Susu, biasa digunakan dalam pelembab produk kecantikan yang didapatkan dari sapi.

2. Kolestrol, biasa digunakan pada bahan pelembab, yang biasanya berasal dari bulu domba.

3. Kolagen, masih dalam bahan dari produk pelembab. Kolagen biasa didapat dari sapi atau ikan.

4. Silk Protein, protein alami dalam produk skincare diperoleh dari noil sutra alami (serat, fibroin) dari kepompong ulat sutra (bombyx mori).

5. Lanolin, merupakan zat berminyak yang biasa digunakan pada produk pelembab kulit. Lanolin sendiri merupakan zat minyak yang diambil dari bulu domba.

6. Gelatin, biasa ditemukan dalam produk pelembap kulit. Senyawa ini hasil dari ekstraksi kolagen tulang rawan ataupun kulit hewan, contohnya ikan, sapi, dan babi.

7. Beeswax (lilin lebah), biasa digunakan untuk bahan pengental skincare.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US