The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bolehkah Memakai Dua Serum Berbeda dalam Sehari?
Ilustrasi menggunakan serum. (Pexels/Shiny Diamond)
Beauty

Bolehkah Memakai Dua Serum Berbeda dalam Sehari?

Ini kata dokter kecantikan.

Jumat, 23 Juli 2021 06:32 WIB 23 Juli 2021, 06:32 WIB

INDOZONE.ID - Kulit wajah yang sehat, bersinar, dan lembap menjadi salah satu idaman perempuan. Hal ini bisa didapatkan dengan penggunaan serum secara rutin.

Namun bolehkah menggunakan serum dari dua merek berbeda dalam satu hari untuk mengoptimalkan manfaatnya?

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dari ZAP Clinic, dr. Novi Junita, M. Biomed, Sp.KK menjelaskan, penggunaan serum dari dua merek berbeda boleh saja digunakan, asalkan sesuai dengan keluhan kulitnya.

"Biasanya saya memberikan serum yang berbeda pada kulit orang yang memang kering. Serum tidak hanya untuk melembapkan, namun juga punya fungsi lain," kata dr. Novi kepada Indozone.

Serum juga memiliki fungsi untuk membantu penyerapan produk skincare menjadi lebih maksimal pada wajah.

"Kalau kita mengaplikasikan sesuatu seperti produk tropical, biasanya dengan memberikan serum lebih dulu penyerapannya akan lebih baik," lanjutnya.

Untuk siang hari, dr. Novita menyarankan menggunakan serum yang memiliki kandungan ringan, seperti vitamin C dan bahan-bahan antioksidan. Sementara untuk malam hari, bisa menggunakan serum dengan kandungan berbeda.

BACA JUGA: Lebih Baik Mana, Beauty Treatment atau Skincare?

Hal ini membuat kamu tak masalah jika ingin menggunakan dua jenis serum dari merek berbeda setiap harinya. Karena ada serum yang hanya boleh dipakai pagi dan siang hari, ada pula yang khusus dipakai pada malam hari saja.

"Kalau (serum) malam hari ada yang menggunakan retinol dan retinol ini tidak boleh digunakan untuk siang hari. Jadi bisa saja orang menggunakan serum dari merek yang berbeda," pungkas dr. Novi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Utami Evi Riyani
JOIN US
JOIN US