The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Cara Memperbaiki Skin Barrier Agar Wajah Tampak Sehat dan Mulus
Ilustrasi skin barrier (freepik.com)
Beauty

5 Cara Memperbaiki Skin Barrier Agar Wajah Tampak Sehat dan Mulus

Lapisan terluar kulit ini penting untuk dirawat

Jumat, 09 September 2022 12:47 WIB 09 September 2022, 12:47 WIB

INDOZONE.ID - Skin barrier adalah lapisan terluar kulit yang berperan penting untuk melindungi kulit dari masalah seperti infeksi, bahan kimia berbahaya, racun, hingga alergen. Lapisan epidermis kulit ini mampu untuk menjaga hidrasi dalam kulit wajah, sehingga menjadikan wajah tampak sehat. 

Dikarenakan skin barrier merupakan lapisan terluar kulit, tak dapat dipungkiri, perannya sangat berat dalam menjaga wajah dari zat berbahaya secara langsung. Oleh karenanya, skin barrier ini umum sekali untuk mengalami kerusakan.  

Jika skin barrier rusak, maka kulit akan rentan mengalami kondisi kering, kusam, iritasi, kemerahan, gatal-gatal, berjerawat, terjadi penuaan dini, hingga eksim. 

Lantas, bagaimana cara memperbaiki skin barrier ketika rusak? Ulasan berikut akan menjadi jawabannya. Namun, beberapa penyebab skin barrier rusak yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu. 

Ragam Penyebab Skin Barrier Rusak 

Skin barrier rusak
Skin barrier rusak (freepik.com)

Biasanya, skin barrier rusak dapat terjadi karena faktor lingkungan atau tubuh itu sendiri, seperti kondisi cuaca tidak menentu, terpapar polusi udara dan sinar matahari secara langsung tanpa perlindungan sunscreen, bahan kimia dari produk skincare, terlalu banyak eksfoliasi, dan dapat pula karena faktor genetik. 

Satu atau dua hal dari ragam penyebab skin barrier rusak tersebut dapat menjadi salah satu faktor skin barrier kamu rusak. Oleh karenanya, selalu perhatikan kondisi kulit hingga skincare yang dipakai agar skin barrier dapat terjaga kesehatannya. 

Cara Memperbaiki Skin Barrier

Skin barrier
Skin barrier (freepik.com)

Ketika skin barrier sudah terlanjur terjadi kerusakan, maka beberapa cara memperbaiki skin barrier ini bisa kamu lakukan. 

1. Gunakan skincare secara minimalis 

Memakai skincare adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kondisi kulit wajah agar tetap sehat. Namun, jika produk skincare yang digunakan terlalu banyak dan mengandung bahan aktif atau terlalu sering dilakukan eksfoliasi, maka dapat menyebabkan skin barrier rusak. 

Untuk itu, terapkanlah skinminimalism atau mengurangi pemakaian jumlah skincare dan produk dengan banyak bahan aktif sekaligus. Gunakanlah rejimen skincare dasar saja, seperti pembersih wajah, toner, serum, pelembap, dan sunscreen. Ini dapat menjadi cara memperbaiki skin barrier secara alami. 

2. Pakai pembersih wajah yang lembut 

Cara memperbaiki skin barrier selanjutnya adalah dengan memakai pembersih wajah yang lembut.

Kandungan pembersih wajah yang memiliki banyak bahan aktif atau eksfoliator dapat membuat skin barrier semakin rusak. Oleh karna itu, hentikan dahulu penggunaan pembersih wajah dengan kandungan tersebut, dan gunakan yang lebih lembut. 

Pembersih wajah yang mengandung antibakteri dan ceramide dapat membantu memperbaiki skin barrier dengan cara menghidrasi kembali kulit wajah. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat berfungsi untuk mengatasi jerawat. 

3. Fokus untuk hidrasi kulit 

Salah sau komponen skin barrier adalah lapisan minyak. Ketika skin barrier rusak, seringkali lapisan minyak tersebut kekurangan hidrasi. 

Untuk itu, kamu dapat menggunakan produk berbasis minyak atau bahan yang melembapkan seperti gliserin, panthenol atau hyaluronic acid untuk menjadi cara memperbaiki skin barrier wajah. 

Kandungan tersebut berfungsi untuk mengikat dan meningkatkan kadar air dalam kulit. Untuk menambah kelembapan kulit, kamu juga dapat mengkonsumsi air putih 2 liter per hari. 

4. Pakai produk dengan pH seimbang 

Cara memperbaiki skin barrier lainnya adalah dengan memakai produk skincare yang memiliki pH seimbang. Kadar pH kulit wajah yang alami adalah sekitar 5,7. Jika kamu memakai kandungan pH lebih tinggi dari itu, maka skin barrier akan rusak. Oleh karena itu, hindari untuk menggunakan produk skincare yang mengandung pewarna, hingga pewangi. 

5. Perbaiki gaya hidup 

Dengan memperbaiki gaya hidup, kamu juga turut melakukan cara memperbaiki skin barrier. Gaya hidup yang lebih sehat akan membuat kondisi tubuh hingga kulit menjadi terjaga. 

Kondisi stres, lelah, dan kurang tidur dapat menjadi salah satu penyebab skin barrier rusak. Kamu bisa mencoba untuk mengubah pola makan menjadi lebih sehat, rutin berolahraga, dan cukup tidur. 

Itulah beberapa cara memperbaiki skin barrier yang dapat kamu ketahui beserta penyebabnya. Jagalah kondisi kulit kamu dengan melakukan serangkaian perawatan wajah dengan baik dan tak berlebihan. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ikhsan
Ainal Zahra Nabila

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US