The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

4 Cara Mudah Mengatasi Bintitan Pada Mata di Rumah
Ilustrasi bintitan di mata (medicalnewstoday)
Beauty

4 Cara Mudah Mengatasi Bintitan Pada Mata di Rumah

Rabu, 23 Desember 2020 11:09 WIB 23 Desember 2020, 11:09 WIB

INDOZONE.ID - Bintit adalah benjolan kecil yang menyakitkan berisi nanah di tepi luar kelopak mata yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Bintik memiliki tampilan yang mirip dengan jerawat. Mereka sangat umum dan biasanya dapat diobati dengan pengobatan rumahan.

Bintitan dapat menyebabkan produksi air mata yang berlebihan, pengerasan kulit di sepanjang kelopak mata, gatal dan nyeri. Ini juga dapat membuat kamu peka terhadap cahaya.

Dilansir dari News 18, berikut ini cara mengatasinya di rumah:

1. Kompresi hangat

Kompresi hangat adalah metode tertua dan paling efektif untuk mengatasi bintit di rumah. Ini membantu membuka pori-pori dengan melarutkan nanah dan minyak. Ini juga membantu mengeluarkan nanah secara alami.

Ambil selembar kain bersih dan rendam dalam air hangat. Peras sisa airnya lalu tempelkan kain basah dengan lembut pada bagian mata yang terkena.

2. Gunakan kompres kantong teh celup hangat

Teh dikenal dengan sifat anti-inflamasi. Kompres hangat dengan kantong teh dapat mengurangi peradangan, pembengkakan, dan nyeri akibat bintit. Celupkan kantong teh ke dalam secangkir air panas. Biarkan terendam sebentar. Keluarkan dan tunggu hingga dingin sebentar. Saat terasa hangat, letakkan di atas kelopak mata yang terkena selama lima menit.

3. Pijat

Pijat dapat mempercepat drainase nanah dan juga memberikan kenyamanan. Kamu bisa memijat area kelopak mata dengan lembut dengan tangan bersih. Namun, jangan menekan atau menusuk bintit. Hentikan memijat jika kamu merasa sakit atau tidak nyaman.

4. Hindari riasan mata

Menerapkan maskara, kohl atau riasan mata apa pun dapat menyebabkan iritasi lebih lanjut pada mata dan juga dapat mentransfer infeksi ke mata lainnya. Jadi hindari sementara waktu penggunaan riasan mata.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri
JOIN US
JOIN US