The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

13 Cara Memerahkan Bibir Hitam Secara Alami, Hasilnya Permanen!
Ilustrasi cara memerahkan bibir (photo/freepik/master1305)
Beauty

13 Cara Memerahkan Bibir Hitam Secara Alami, Hasilnya Permanen!

Selasa, 19 Oktober 2021 14:03 WIB 19 Oktober 2021, 14:03 WIB

INDOZONE.ID - Bibir sehat, lembap, dengan rona alami merupakan dambaan setiap orang. Namun beberapa kebiasaan buruk dan efek samping dari beberapa produk dapat membuat bibir menjadi kusam dan gelap.

Memerahkan bibir yang gelap dapat kamu lakukan sendiri di rumah tanpa perlu perawatan mahal di salon kecantikan. Cara memerahkan bibir juga sangat mudah dengan hasil yang permanen.

Area bibir yang bernama vermilion memiliki banyak pembuluh darah dibandingkan area kulit lainnya. Pembuluh darah inilah yang membuat bibir tampak lebih merah merona.

Cara Memerahkan Bibir Secara Alami

Kalau kamu penasaran bagaimana cara memerahkan bibir secara alami, berikut Indozone bagikan cara memerahkan bibir hitam dengan hasil permanen.

1. Rutin menggosok bibir

cara memerahkan bibir

Ilustrasi menggosok bibir (photo/freepik/user21825501)

Rutin menggosok bibir merupakan cara mencerahkan bibir yang paling utama. Menggosok bibir dapat mengangkat sel-sel kulit mati, merangsang pembentukan kolagen baru, dan melancarkan aliran darah ke bibir.

Menggosok bibir dengan bantuan scrub bisa menjadi pilihan yang tepat. Kamu bisa gunakan gula sebagai scrub alami, lalu digosok perlahan pada bibir. Kamu juga boleh menggunakan sikat gigi lembut untuk menggosok bibir.

2. Pakai masker bibir

cara memerahkan bibir

Ilustrasi memakai masker bibir (photo/freepik/user15503477)

Menggunakan masker bibir juga menjadi salah satu cara memerahkan bibir yang gelap atau menghitam. Karena masker bibir mampu membuat bibir terhidrasi, lembut, dan tampak merah merona.

Kamu bisa membeli masker bibir yang tersedia di pasaran atau membuat masker bibir sendiri dengan bahan alami seperti madu, lemon, dan gula.

3. Hindari kebiasaan menjilat dan menggigit bibir

cara memerahkan bibir
Ilustrasi menggigit bibir (photo/freepik/cookie_studio)

Kebiasaan menjilat dan menggigit bibir ternyata dapat berakibat buruk pada bibir. Menggigit bibir bisa menyebabkan bibir terluka hingga berdarah, sehingga terlihat lebih gelap.

Sedangkan menjilat bibir bukannya membuat bibir lembap, malah akan menjadikan bibir lebih kering. Sebagai gantinya, minumlah air putih yang cukup agar bibir merah merona.

4. Lindungi bibir dari sinar matahari

cara memerahkan bibir

Ilustrasi melindungi bibir dari sinar matahari (photo/freepik/pressfoto)

Warna bibir yang berubah menjadi lebih gelap dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari. Oleh karena itu, sudah seharusnya kamu melindungi bibir dari bahaya sinar matahari.

Caranya, gunakan produk perawatan bibir seperti lipstick atau lipbalm yang mengandung SPF untuk menangkal ultraviolet dari sinar matahari. Jangan lupa memakai masker saat berada di luar ruangan.

5. Oleskan pelembap bibir

cara memerahkan bibir

Ilustrasi mengoleskan pelembap bibir (photo/freepik/user15503477)

Cara memerahkan bibir secara alami juga dapat kamu lakukan dengan mengoleskan pelembap bibir. Terutama jika kamu sering berada di dalam ruangan ber-AC.

Pilihlah pelembap bibir dengan kandungan alami yang mampu menghidrasi bibir dalam jangka waktu yang lama. Ulangi pemakaian pelembap bibir jika diperlukan.

6. Kurangi pemakaian lipstik

cara memerahkan bibir

Ilustrasi memakai lipstik (photo/freepik/pressfoto)

Lipstik pada dasarnya terbuat dari bahan kimia, apalagi jika lipstik tersebut sulit dihapus dari bibir. Walaupun aman digunakan, sebaiknya jangan terlalu sering memakai lipstik.

Penggunaan lipstik setiap hari dapat membuat bibir lebih cepat kering dan mudah pecah-pecah. Beberapa lipstik bahkan bisa bikin warna bibir kamu makin menggelap.

7. Jangan merokok

cara memerahkan bibir

Ilustrasi merokok (photo/freepik/fukume)

Kandungan nikotin dan benzpyrene pada rokok dapat mendorong produksi melanin pada kulit, termasuk bibir. Tak heran jika kebiasaan merokok bisa menyebabkan bibir menghitam.

Tak hanya menghitam, bibir orang yang merokok juga rentan kering dan keriput karena kolagen pada bibir mudah hilang serta sel-sel kulit gampang rusak. 

8. Kurangi minum kafein

cara memerahkan bibir

Ilustrasi minum kafein (photo/freepik)

Cara memerahkan bibir hitam yang bisa kamu coba selanjutnya adalah dengan mengurangi minum minuman berkafein. Kandungan kafein pada kopi, teh, soda, dan minuman berenergi dapat menggelapkan bibir.

Hal ini karena kafein menyebabkan tubuh kamu mengalami dehidrasi dan kehilangan cairan karena sering buang air kecil. Dehidrasi juga menyebabkan kulit bibir mudah pecah-pecah dan kusam.

9. Hindari penggunaan produk kedaluwarsa

cara memerahkan bibir

Ilustrasi produk kedaluwarsa (photo/freepik/natali-ploskaya)

Salah satu penyebab warna bibir yang menggelap adalah penggunaan produk bibir seperti lipstick, lipbalm, atau kosmetik yang sudah kedaluwarsa. 

Kualitas produk yang kedaluwarsa akan menurun dan tidak baik jika dipakai terus-menerus. Jadi, pastikan kamu memeriksa tanggal kedaluwarsa produk perawatan bibir sebelum digunakan, ya!

10. Gosok dengan buah stroberi

cara memerahkan bibir

Ilustrasi buah stroberi (photo/freepik/fabrikasimf)

Stroberi merupakan buah dengan vitamin C tinggi yang dapat membantu memerahkan bibir dengan cepat dan meregenerasi sel-sel kulit pada bibir.

Cara penggunaannya juga sangat mudah, cukup potong stroberi dan gosok pada bibir beberapa kali. Karena stroberi alami, kamu tidak perlu khawatir jika mengoleskannya setiap hari.

11. Oleskan buah delima

cara memerahkan bibir

Ilustrasi buah delima (photo/freepik/azerbaijan-stockers)

Buah delima sangat efektif menghilangkan kusam pada bibir dan mencerahkan bibir secara alami karena kandungan punicalagin yang mencegah produksi melanin.

Cara penggunaannya juga gampang, kamu bisa menghancurkan buah delima dan mengoleskannya pada bibir. Diamkan 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

12. Gunakan buah bit

cara memerahkan bibir

Ilustrasi buah bit (photo/freepik/miltsova)

Buah bit memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, sehingga dapat mencerahkan bibir yang menghitam sekaligus menambah rona merah alami pada bibir.

Cara memerahkan bibir secara permanen dengan buah bit adalah dengan menghaluskannya. Kemudian oleskan buat bit yang sudah dihaluskan lalu diamkan selama 5-10 menit dan bilas dengan air.

13. Oleskan pasta gigi

cara memerahkan bibir

Ilustrasi pasta gigi (photo/freepik/andreycherkasov)

Pasta gigi juga bisa menjadi bahan alternatif untuk memerahkan bibir. Sebab, pasta gigi kaya akan kandungan kalsium, magnesium, kalium, dan mineral lainnya.

Cara penggunaannya adalah dengan mengaplikasikan pasta gigi pada bibir dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu baru bilas dengan air bersih. 


Itulah cara memerahkan bibir secara permanen dengan bahan alami yang bisa segera kamu coba. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Artikel Menarik Lainnya: 

Indriyana
Indriyana

Indriyana

Writer
JOIN US
JOIN US