Di Antara 3 Generasi, Gen Z Paling Boros Beli Skincare

- Jumat, 24 Januari 2020 | 21:11 WIB
Ilustrasi pakai makeup. (Pexels/Pixabay)
Ilustrasi pakai makeup. (Pexels/Pixabay)

Urusan skincare dan makeup sering jadi prioritas anak-anak zaman sekarang, termasuk Gen Z (13-22 tahun). Bahkan mereka sering menghabiskan seluruh pendapatannya untuk perawatan kecantikan.

Hasil ini terungkap dari survei yang dilakukan terhadap 6.460 perempuan di Indonesia dan diterbitkan dalam ZAP Beauty Index 2019.

Dalam hasil studi tersebut, diketahui sebanyak 64,2% Gen Z memilih membeli produk kecantikan di e-commerce, sedangkan Gen X dan Gen Y yang belanja produk kecantikan di e-commerce masing-masing 23,7% dan 55,6%.

Jika dilihat dari prioritasnya, Gen Z lebih mementingkan skincare dan makeup dibanding generasi lain. Hampir seluruh pemasukan Gen Z dikeluarkan untuk perawatan kecantikan. 

-
Ilustrasi makeup. (Pexels/Anderson Guerra)

 

Sementara Gen X menggunakan kurang dari 5% pemasukannya, dan Gen Y menggunakan 30% pemasukan bulannya untuk perawatan kecantikan.

Dari pemasukan per bulan yang berkisar antara Rp500 ribu – Rp2 juta, para perempuan Gen Z mengeluarkan seluruh pemasukan mereka untuk kecantikan. Sementara pengeluaran untuk fashion ada di kisaran Rp200 ribu hingga Rp500 ribu.

"Kemauan dalam mengakses kecantikan beragam. Yang mampu semakin enggak mau, yang mau malah enggak mampu. Yang paling sering ke klinik kecantikan itu generasi yang lebih muda yang secara finansial belum mampu. Tapi Generasi X yang senior minim sekali belanja produk kecantikan," jelas Yosanova Savitry, Chief Operation Markplus Institute saat ditemui Indozone di Jakarta baru-baru ini.

Nova mengatakan semua itu dipengaruhi oleh teknologi yang semakin canggih dan juga media sosial. Semakin mudah membandingkan produk kecantikan lewat media sosial, semakin tinggi keinginan Gen Z untuk berbelanja.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

7 Cara untuk Cegah Bibir Kering dan Pecah-pecah

Senin, 15 April 2024 | 09:00 WIB
X