The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

7 Perancang Busana Indonesia Mendunia dan Paling Berpengaruh
Perancang busana Indonesia Anne Avantie (Instagram/@anneavantieheart)
Beauty

7 Perancang Busana Indonesia Mendunia dan Paling Berpengaruh

Jumat, 19 Juni 2020 15:30 WIB 19 Juni 2020, 15:30 WIB

INDOZONE.ID - Selain terkenal dengan kekayaan alam dan budaya, Indonesia juga menggaung di kancah internasional melalui tren fashion. 

Karya-karya dari perancang busana Indonesia berhasil membuktikan pada dunia bahwa Indonesia mampu bersaing menciptakan produk-produk fashion kualitas terbaik.

Sederet nama perancang busana Indonesia mengharumkan nama bangsa di berbagai negara dunia, dan tentu saja membawa nama mereka juga hingga ke mancanegara.

Inilah Deretan Perancang Busana Indonesia yang Mendunia

Beragam produk fashion, mulai dari baju, tas, sepatu, hingga perhiasan dari para perancang busana Indonesia ini bahkan telah digunakan oleh sejumlah selebriti dunia serta tokoh-tokoh penting lainnya.

Siapa sajakah mereka?

Dirangkum Indozone dari berbagai sumber, berikut ini para perancang busana Indonesia terkenal yang berprestasi di kancah internasional dan berhasil mendunia:

1. Anne Avantie

perancang busana Indonesia mendunia Anne Avantie
Anne Avantie (Instagram/@anneavantieheart)

Lahir di Semarang tahun 1954, Anne Avantie merupakan salah satu perancang busana Indonesia yang terkenal melalui berbagai koleksi kebaya hasil karyanya.

Sudah banyak kebaya hasil karyanya dipakai oleh para selebriti Indonesia hingga sejumlah model papan atas Hollywood.

Sejak kecil, Anne Avantie menunjukkan ketertarikan dalam dunia mode. Dia sering membuat kostum panggung untuk grup vokal dan tari di sekolah hingga berbagai ajang hiburan remaja lainnya di Solo.

Barulah pada tahun 1989, Anne memulai karier sebagai perancang busana profesional di sebuah rumah kontrakan bermodalkan dua mesin jahit.

Tempat usaha pertamanya itu diberi nama 'Griya Busana Permatasari'. Pada mulanya, dia banyak membuat kostum penari dan berbagai busana malam yang dicirikan hiasan manik-manik.

Hingga tahun 2010, Anne yang bernama asli Sianne Avantie memiliki 2 butik di Mall Kelapa Gading dan 'Roemah Penganten' di Grand Indonesia, Jakarta.

Selain itu, Anne Avantie juga memiliki toko bernama 'PENDOPO' yang menjual produk seni dalam negeri hasil karya usaha kecil menengah (UKM).

2. Didit Hediprasetyo

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Didit Hediprasetyo (@didit.hediprasetyo) on

Ragowo Hediprasetyo Djojohadikusumo atau lebih dikenal Didit Hediprasetyo adalah perancang busana pria Indonesia paling berpengaruh. Namanya sudah cukup santer di kalangan para pecinta fashion.

Ia merupakan putra tunggal dari politikus Prabowo Subianto dan Titiek Soeharto, anak keempat mantan presiden Soeharto.

Sebelum menjadi seorang desainer fashion terkenal, Didit tumbuh dan besar di Boston, Amerika Serikat. Didit kemudian tinggal di Paris untuk berkarier sebagai desainer profesional.

Demi mewujudkan mimpinya itu, Didit belajar desain mode selama 4 tahun di Parsons School of Design, New York dan Ecole Parsons a Paris. Ia juga mengambil kursus melukis, fotografi, dan sejarah seni.

Berbagai penghargaan telah diraih Didit, bahkan sejak statusnya masih sebagai pelajar. Salah satunya Silver Thimble tahun 2006.

Saat ini, karya-karya Didit rutin diperagakan di Paris Fashion Week. Dengan pencapaian itu, ia lantas menjadi satu dari sedikit desainer Indonesia yang berhasil menembus pagelaran mode bergengsi tersebut.

Tak sampai di situ, busana rancangannya juga pernah dipakai oleh penyanyi asal Kanada, Carly Rae Jepsen saat menghadiri MTV Video Music Awards 2013.

Gaun-gaun karya Didit pernah dipublikasikan pula di majalah mode ternama, Vogue Inggris, di situs resmi mereka. Didit menjadi satu-satunya perancang busana Indonesia yang mencatatkan namanya di situs majalah mode tersebut.

3. Dian Pelangi

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Dian Pelangi (@dianpelangi) on

Nama Dian Pelangi pastinya sudah tidak asing lagi terdengar, apalagi bagi kamu yang berkecimpung di dunia fashion.

Bernama asli Dian Wahyu Utami, wanita kelahiran Palembang, 14 Januari 1991 ini termasuk salah satu perancang busana wanita Indonesia yang mendunia.

Ia merupakan pendiri brand busana 'Dian Pelangi Fashion'. Sudah banyak koleksi busana rancangannya yang dipamerkan dalam berbagai pagelaran busana di berbagai negara.

Sejak awal memulai karier di dunia fashion, desainer lulusan École supérieure des arts et techniques de la mode (ESMOD) Paris ini memang fokus merancang busana khusus muslimah.

Berkat keunikan setiap rancangannya, Dian Pelangi masuk dalam daftar 500 orang paling berpengaruh di industri fashion dunia versi majalah Business of Fashion (BoF) London.

4. Tex Saverio

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by TEX SAVERIO (@texsaverio) on

Dunia fashion internasional pasti sudah tidak asing lagi dengan nama desainer satu ini, Tex Saverio. Ya, pria kelahiran Jakarta, 24 Agustus 1984 ini adalah perancang busana asal Indonesia yang mendunia.

Tex Saverio dikenal sebagai perancang busana pengantin wanita dengan gaya glamour dan penuh fantasi. Namanya mulai mencuat setelah dirinya memenangkan penghargaan nasional Mercedes-Benz Asia Fashion Award tahun 2015.

Kesuksesannya itu dicapai melalui pengorbanan dengan meninggalkan sekolah sejak kelas 1 SMA dan memilih belajar merancang busana di Bunka Fashion School, Jakarta, lalu magang di Phalie Studio Jakarta.

Sejak saat itu, karya-karya Rio -panggilannya- mulai dikenal hingga ke kancah internasional. Berkat support dari teman-temannya pula, Rio memperkenalkan diri dan karyanya kepada agen Lady Gaga. 

Mendapat sambutan positif, tidak lama kemudian salah satu karyanya, La Glacon, dikenakan Lady Gaga dalam salah satu fotonya di majalah Harper's Bazaar pada tahun 2011. 

Selain Lady Gaga, Kim Kardashian pernah mengenakan busana rancangannya. Foto perkawinan salah satu tokoh dalam film 'The Hunger Games: Catching Fire' (2013) juga mengenakan busana rancangan Tex Saverio.

Oleh media internasional, ia dijuluki 'Alexander McQueen of Indonesia'. Alex McQueen sendiri adalah desainer busana pengantin ternama asal Inggris yang bunuh diri pada tahun 2010.

5. Rinda Salmun

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Rinda Salmun (@rindasalmun) on

Bicara soal fashion, nama Rinda Salmun tentu tidak boleh dilewatkan. Hasil rancangan dari desainer wanita Indonesia lulusan S2 Fashion Designer di Ravensbourne College of Design & Communication London ini memang sudah diakui dunia.

Rinda Salmun memulai debutnya pertama kali di panggung London Fashion Week tahun 2010. Koleksi busananya juga pernah dipamerkan pada pagelaran busana Jakarta Fashion Week tahun 2013.

6. Yosep Sinudarsono

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Yosep Sinudarsono (@yosepsinudarsono) on

Yosep Sinudarsono, desainer muda Indonesia asal Semarang yang karya-karyanya telah digunakan sejumlah selebriti luar negeri di panggung Golden Globe Awards 2015, seperti Judy Meyers, Terry Seymour, dan Marlin Akerman.

Alumni sekolah mode ESMOD Paris dan Lembaga Pengajaran Tata Busana Susan Budihardjo ini sudah memiliki label busana sendiri yaitu 'Lotuz', di usia masih muda.

7. Peggy Hartanto

Perancang busana wanita Indonesia mendunia Peggy Hartanto
Peggy Hartanto (Instagram/@peggyhartanto)

Peggy Hartanto masuk dalam daftar perancang busana wanita Indonesia terbaik yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di tingkat dunia.

Bakat dan ketertarikannya pada dunia fashion sudah terlihat sejak ia duduk di bangku SMA. Sejak itulah, ia bercita-cita menjadi fesyen desainer ternama.

Peggy akhirnya memutuskan terbang ke Australia untuk kuliah di Raffles College of Design and Commerce di Sydney. Setelah lulus kuliah, ia memulai kariernya dengan bekerja pada desainer Australia, Collette Dinnigan selama 1,5 tahun.

Setelah menimba ilmu dan bekerja di bidang produksi dan quality control, pada tahun 2011 Peggy kembali ke Indonesia dan mulai merintis label busana miliknya sendiri dengan nama 'Peggy Hartanto'.

Ia menggambarkan busana-busana rancangannya dengan 3 definisi, yaitu berani, elegan, dan minimalis. Pada beberapa karyanya, ia memasukkan corak tradisional Indonesia dan membuatnya jadi lebih trendy.

Hasil karya busana Peggy telah dipakai oleh sejumlah selebriti Hollywood, seperti Anne Heche, Judy Reyes, Odette Annable, Bella Thorne, Guiliana Rancic, Gigi Hadid, dan Gwen Stefani.

Rancangan busana milik Pegy seringkali ditampilkan dalam pameran-pameran fesyen dunia, seperti Inggris, Australia, Amerika, dam pusat mode dunia Prancis.

Ia bahkan pernah masuk dalam 'Forbes 30 Under 30 Asia: The Arts', yakni daftar orang-orang berusia dibawah 30 yang memiliki pengaruh di bidang seni dari seluruh dunia.


Nah, itulah beberapa nama desainer Indonesia di bidang fashion yang karya-karyanya telah mendunia serta dipakai oleh sejumlah selebriti dunia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka

Rizka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US