Yakin Mau Operasi Plastik? Begini Prosedurnya
Prosedur operasi plastik (PARASHOSPITAL)
Beauty

Yakin Mau Operasi Plastik? Begini Prosedurnya

Terdengar mengerikan

Senin, 17 Februari 2020 15:43 WIB 17 Februari 2020, 15:43 WIB

INDOZONE.ID - Seiring berkembangnya zaman, prosedur operasi plastik diminati karena dianggap dapat menyempurnakan penampilan fisik yang sebenarnya sudah dalam keadaan normal (tidak ada kelainan bawaan). 

Dikutip Verywell, Senin (17/2/2020), operasi plastik dilakukan dengan merekonstruksi jaringan tubuh. Prosesnya bukan tidak mungkin jika terdengar agak mengerikan dan butuh waktu lama untuk pemulihan. 

Ada sejumlah prosedur operasi plastik yang paling populer untuk kecantikan.  Apa saja? Berikut pemaparan selengkapnya.

Operasi pembesaran payudara

Operasi plastik
Operasi payudara (Pinterest)

Pembedahan dilakukan pada jaringan payudara dengan menambahkan implan silikon ke jaringan yang kosong. Prosesnya dengan menyayat kulit, kemudian implan diletakkan di antara jaringan payudara dan otot dada atau di belakang otot dada. Setelah implan sukses diletakkan, kemudian jaringan tersebut akan di jahit dan ditutup. 

Prosedur ini biasanya menggunakan anastesi umum, sehingga pasien akan tertidur dan tidak merasakan sakit. Proses bedahnya sekira 1-2 jam. 

Operasi kelopak mata

Operasi plastik
Operasi kelopak mata (Koreaboo)

Prosedur ini paling banyak dilakukan oleh orang Korea. Untuk prosedurnya, tahap pertama yang dilakukan adalah pasien harus dibius, kemudian kelopak mata diukur serta didesain. 

Pisau bedah akan melenyapkan jaringan kulit di area mata yang sudah diukur tadi. Kemudian bagian lemak yang tertinggal juga akan dihapus dari jaringan kulit. Lalu langkah yang sama juga dilakukan pada bagian mata sebelahnya. Pengukuran pembesaran kelopak mata harus benar-benar presisi atau bisa jadi hasilnya berbeda di setiap mata. Prosedur ini berlangsung sekira 30 menit hingga 1 jam. 


Operasi hidung 

Operasi plastik
Prosedur operasi plastik hidung (Dr Carlos Wolf)

Hidung sebagian besar terdiri dari tulang rawan, sehingga bentuknya bisa diatur sesuai dengan keinginan. Namun sebelum operasi hidung, ada perhitungan presisi antara ukuran hidung di bagian atas, struktur tulang dan juga kulit. Dokter akan memperkirakan hal tersebut untuk menentukan bentuk hidung apa yang sesuai dengan kondisi dan struktur wajah pasien. 

Prosedur operasi plastik hidung dilakukan bisa dengan bius lokal atau bius total. Sayatan bisa dimulai dari luar hidung atau bagian dalam. Untuk tekniknya sendiri pun pada umumnya tergantung pada kondisi atau tujuan dari operasi, entah memancungkan atau mengecilkan cuping hidung. Biasanya prosedur tersebut dilakukan dengan memotong tulang rawan tersebut. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Dinno Baskoro

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US