Ketika Dunia Model Direbut Wanita Lansia, Gimana Nasib Model Muda?
Model lansia (instagram/@dvancedstyle)
Beauty

Ketika Dunia Model Direbut Wanita Lansia, Gimana Nasib Model Muda?

Selasa, 14 Januari 2020 15:50 WIB 14 Januari 2020, 15:50 WIB

INDOZONE.ID - Dunia modelling seperti yang kita tau, erat kaitannya dengan generasi muda. Para model biasanya memiliki tampilan wajah yang bersih dan glowing serta bentuk tubuh ideal. Tapi, bagaimana jadinya bila para model adalah wanita yang umurnya tak lagi muda, alias lansia.

Tak perlu terkejut dengan pernyataaan ini, karena sebenarnya ada sejumlah wanita lansia yang terjun dalam dunia modelling. Misalnya saja seperti empat orang perempuan berusia lanjut, yang masing-masing sudah berusia di atas 60 tahun. Bahkan, kesuksesan mereka di dunia model, membuatnya memiliki banyak sekali pengikut di akun media sosial.

model
Salah satu model lansia (instagram/@dvancedstyle)

Meski sudah berusia lanjut dan memiliki banyak keriput di wajah, tren model lansia ini sedang digemari oleh pelaku bisnis, khususnya dalam bidang fesyen.

Kenyataan ini dapat terjadi, karena banyaknya perancang model dan brand yang mulai merangkul demografi fesyen pasar dengan memakai wanita lansia sebagai inspirasi. Wanita lansia dipilih karena dinilai lebih memiliki banyak cerita dan pengalaman hidup. Hal ini diungkapkan oleh seorang fotografer street style, Ari Seth Cohen.

lansia
fotografer street style, Ari Seth Cohen (instagram/@dvancedstyle)

"Saya mulai mendokumentasikan gaya serta cerita pria dan perempuan lanjut usia kala itu sejak 2008 lalu, dan menyadari jika gerakan-gerakan 'advamced style' terus mempunyai pengaruh di indsutri fesyen dan periklanan dunia," tutur Ari.

"Populasi dunia semakin bertambah tua, dan jadi tambah sulit untuk menangkal kekuatan, kebijakan, dan pengaruh dari para perempuan lanjut usia. Wajah yang lebih tua, dapat menceritakan kisah yang dalam dan pengetahuan di dalamnya, yang mana hanya bisa diperoleh dengan waktu dan pengalaman," tambah Ari lagi.

lansia
Model lansia (instagram/@dvancedstyle)

Bahkan, para model lansia ini tampil dengan mengedepankan keunikan style yang dimiliki. Mereka tak canggung memperlihatkan garis keriput di wajah serta rambut yang memutih.

Jlo
Potret wajah awet muda (instagram/@jlo)

Sebut saja, Jennifer Lopez yang baru-baru ini merayakan ulang tahun ke-50. Masuk dalam kategori usia setengah abad, tak membuat JLo malu tampil di depan kamera. Ia justru percaya diri memamerkan koleksi dari rumah mode favoritnya, Versace, Zuhair Murad dan Tom Ford.

dion
Penyanyi Celine Dion (Instagram/@celinedion)

Selain JLo, ada pula penyanyi Celine Dion yang belakangan jadi topik perbincangan hangat. Pasalnya, pelantun lagu "My Heart Will Go On" ini tampil dengan memakai busana haute couture, rancangan desainer Richard Quinn dan Alexandre Vauthier.

model
Helen Mirren saat jadi model (instagram/@helenmirren)

Ada pula, Helen Mirren yang sudah berusia 74 tahun tapi dipercaya menjadi model kosmetik L'Oreal. Tak hanya itu, model lansia bernama Jane Fonda yang sudah berusia 81 tahun, tetap tampil keren dalam gaya bold.

model
Model lansia (instagram/@ris.apfel)

Selain model lansia di atas, ada pula Iris Apfel. Wanita yang bekerja sebagai model saat usinya sudah 97 tahun. Model lansia satu ini dikenal sebagai sosok orang yang selalu tampil dengan gaya nyentrik dan quirky. Karena gayanya ini, Iris dikontrak oleh perusahaan agensi ternama, IMG. Ia juga kerap wara wiri di headline proyek kampanye untuk lini high-end, mulai dari MAC dan Le Bon Marche, department store Paris.

Sementara itu, desainer mode sekaligus stylish, Azeeza Khan mengatakan model lansia dinilai memiliki daya tarik sendiri.

"Banyak para ikon fesyen muda tidak memiliki daya tarik yang sama. Mungkin karena mereka over-exposed. Bagi saya, perempuan lanjut usia ini mewakili sesuatu yang otentik. Bukan soal umur, ini tentang kepercayaan diri dan itu yang membuat mereka jadi muses bagi saya dan banyak orang lain," ujar Azeeza, melansir dari Southchinamorningpost.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Putri
Putri

Putri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU