The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Celaka, Sering Merasa Kesepian Cepat Bikin Kamu Alami Penuaan Dini, Ini Studinya
Ilustrasi penuaan dini, (Freepik)
Beauty

Celaka, Sering Merasa Kesepian Cepat Bikin Kamu Alami Penuaan Dini, Ini Studinya

Kamis, 29 September 2022 12:17 WIB 29 September 2022, 12:17 WIB

INDOZONE.ID - Kesepian bukan cuma berefek ke kesehatan mental, tapi ternyata bisa meningkatkan risiko penuaan dini, Ladies. Berikut penjelasannya.

Para peneliti menyebutkan, merasa tidak bahagia, depresi atau kesepian bisa mempercepat proses penuaan lebih dari merokok atau bahkan penyakit tertentu.

Dalam studi ini, peneliti menjelaskan bahwa seseorang yang merasa tak bahagia atau kesepian bisa cepat tambah umur sekira 1,65 tahun di usia biologis seseorang. 

Baca Juga: Sering Makan Apel Cegah Penuaan Dini, Ini Kata Dokter Kecantikan

"Kami menunjukkan bahwa faktor psikologis, seperti merasa tidak bahagia atau kesepian, menambah hingga 1,65 tahun usia biologis seseorang,” tulis para peneliti dilansir Guardian.

Ya, setiap orang memiliki usia berdasarkan tanggal lahir atau usia kronologis di lain usia biologis. Semua ini bisa mengarah ke penuaan dan dipengaruhi oleh genetika, gaya hidup, dan faktor lainnya. 

Fedor Galkin rekan penulis studi dan ilmuwan utama di Hong Kong Deep Longevity mengatakan, "Tubuh dan jiwa Anda terhubung, ini adalah pesan utama kami."

Menulis di jurnal Aging-US, para peneliti di Deep Longevity, Stanford University, dan The Chinese University of Hong Kong juga melaporkan bagaimana mereka membangun “jam penuaan”. Ini berdasarkan data yang dikumpulkan dari 4.846 orang dewasa pada tahun 2015 sebagai bagian dari China Health and Retirement Studi Longitudinal (CHARLS).

Baca Juga: Efek Sinar Biru dari Layar Gadget pada Kulit, Enggak Cuma Sebabkan Penuaan Dini

Termasuk 16 biomarker darah, termasuk kadar kolesterol dan glukosa, jenis kelamin peserta dan informasi seperti tekanan darah mereka, indeks massa tubuh dan ukuran fungsi paru-paru.
 
Kemudian peneliti membandingkan usia kronologis individu yang diprediksi oleh model dengan usia sebenarnya. Hasilnya menunjukkan perbedaan, rata-rata, hampir 5,7 tahun di atas atau di bawah usia sebenarnya peserta. 

Sementara Galkin mengatakan angka itu adalah perkiraan, paling tidak karena model mengasumsikan bahwa perasaan yang berbeda seperti keputusasaan atau ketakutan tidak tergantung satu sama lain, penelitian ini menyoroti pentingnya keadaan psikologis dalam seberapa cepat kita menua.

"Makanya merawat kesehatan psikologis sangat membantu memperlambat laju penuaan," katanya.
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dewi Kania
Dewi Kania

Dewi Kania

Editor
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US