The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mau Bisnis Clothing Line? Cek Dulu 9 Tips yang Harus Kamu Tahu!
Ilustrasi clothing brand (Freepik)
Beauty

Mau Bisnis Clothing Line? Cek Dulu 9 Tips yang Harus Kamu Tahu!

Senin, 04 Juli 2022 18:47 WIB 04 Juli 2022, 18:47 WIB

INDOZONE.ID - Bisnis clothing line saat ini memang sedang menjamur dan merupakan peluang usaha dengan prospek yang baik ke depannya.

Bisnis ini akan selalu berkembang mengikuti perkembangan zaman. Hal tersebut dikarenakan pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi manusia yang selalu berubah mengikuti perkembangan zaman.

Maka dari itu, dikutip dari Forbesuntuk kamu yang tertarik dan berminat memulai bisnis clothing line ada 9 tips yang perlu kamu ketahui dan siapkan.

1. Pilih Style Clothing

Sebelum memulai bisnis fashion, kamu harus mengerti akan dunia fashion terlebih dahulu. Ada beberapa style dan tema yang berbeda. Kamu harus menentukan ini terlebih dahulu agar mudah menentukan target audiensmu. Seperti Adidas yang fokus kepada fashion olahraga, H&M dengan style trendy, dan Wrangler dengan style casualnya. 

2. Tentukan Target Audiens

Kamu harus bisa menentukan target audiensmu. Jika kamu memilih chic style maka segmen produk fashionmu akan diminati wanita feminim yang menyukai warna cerah dan playful. 

3. Siapkan Strategi Pemasaran

Ada banyak tipe pemasaran yang bisa kamu coba, mulai dari pemasaran secara langsung sampai pemasaran melalui media sosial. Jika kamu lebih mengetahui banyak permasalahan di dalam bisnis clothing, maka kamu akan lebih mudah mempelajari strategi pemasaran bisnismu.

4. Siapkan Nama Brand Bisnis

Selanjutnya kamu perlu mendesain konsep brand yang menjadi identitas bisnis clothing line brandmu. Hal ini akan membuat brandmu lebih mudah dikenali dan diingat oleh konsumen.

5. Daftarkan Bisnis

Jangan lupa kamu harus mendaftarkan nama bisnismu agar tidak dipakai oleh brand atau perusahaan lainnya. 

6. Desain Produk

Salah satu bisnis clothing yang menarik yaitu menggunakan desain custom atau pembeli bisa mendesain sendiri sesuai keinginan mereka. Ini akan membuat konsumen bebas menentukan kreasinya sendiri.

7. Tentukan Harga Produk

Terdapat beberapa pertimbangan untukmu dalam menentukan produk bisnismu. Pertama, kamu harus menghitung biaya produksi dan biaya bahan. Selanjutnya kamu juga harus mempertimbangkan biaya promosi, iklan, kemasan dan pengiriman.

8. Distribusikan Produk

Reseller merupakan cara kerja terbaik untuk menjual produk bisnismu. Mereka tidak akan merasakan rugi karena hanya memasarkan barang atau produk milik orang lain tanpa harus membelinya terlebih dahulu. Semakin banyak reseller kamu akan lebih mudah memperluas bisnismu.

9. Pasarkan Produk

Hal terakhir yang perlu dilakukan adalah melakukan promosi. Bisnis apapun akan sulit berkembang jika tidak melakukan promosi. Kamu bisa melakukan promosi dengan cara yang mudah yaitu melalui sosial media, seperti Instagram, Facebook, ataupun Marketplace lainnya.

Penulis: Asyila Chairunnisa Haya

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dewi Kania
Indozone
Dewi Kania

Dewi Kania

Editor
Indozone

Indozone

Writer
JOIN US
JOIN US